Obat Alami Asma, Menjaga Agar Tidak Kambuh

Obat alami asma merupakan hal yang banyak dicari oleh orang-orang lantaran tingginya jumlah penderita asma di sini. Penyakit ini memang sangat mengganggu dalam aktivitas sehari-hari. Asma merupakan penyakit yang terjadi akibat saluran pernafasan ke paru-paru yang sangat sensitif, sehingga mudah terjadi radang. Jika sudah terjadi demikian, maka otot-otot di dalam saluran menjadi kejang dan menciut, menyebabkan udara yang masuk hanya sedikit dan nafas menjadi berbunyi.

Penyakit ini bisa dibilang adalah penyakit keturunan. Banyak anak-anak yang mengalaminya dari kecil, meski kebanyakan asma bisa diatasi saat sudah tumbuh dewasa. Berikut adalah gejalanya:

- Napas yang mengeluarkan bunyi seperti siulan karena udara yang terjebak di dalam,
- Sesak napas, batuk,
- Rasa sesak di dada,
- Batuk kering di waktu malam,
- Banyak keringat,
- Kesadaran menurun,
- Kulit kebiruan karena cadangan oksigen menipis.

Karena asma menyebabkan aktivitas menjadi terbatas, banyak orang yang mencari cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara alami:

1. Bawang putih
Bawang putih yang sudah diiris kecil-kecil direbus dan dicampur dengan madu, lalu diminum 2 kali dalam sehari.

Obat Alami Asma

2. Seledri dan daun kapuk
Daun seledri dan kapuk yang sudah dicuci ditambahkan garam dan gula aren, lalu ditumbuk hingga halus. Campur tumbukan dengan air matang, saring, dan minum sebelum sarapan.

3. Pare
Tiga buah pare ukuran sedang dicuci bersih, lalu dibuang bijinya dan ditumbuk halus. Setelah disaring atau diperas, tambahkan madu ke dalam air perasan, lalu minum sehari sekali selama 3 bulan.

4. Daun kemangi
Cuci 2-3 lembar daun kemangi, kunyah-kunyah dengan garam, lalu disemprot ke dada, dan diamkan hingga 15 menit. Lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

Itulah beberapa obat alami asma yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar atau pusat perbelanjaan lainnya. Meski mayoritas penderita asma akan sembuh sendiri setelah bertumbuh dewasa, tidak ada salahnya untuk menjaga diri agar penyakit ini tidak sering kambuh kembali. Memakai pakaian hangat saat udara dingin, menghindari asap rokok dan debu, hidup sehat dan bersih di rumah, serta menghindari makanan-makanan seperti junk food.

close