Batuk? Usir dengan Obat Alami Batuk Berdahak

Obat alami batuk berdahak kadang menjadi pilihan yang kesekian karena masyarakat biasanya langsung pergi ke apotik untuk membeli obat. Hal ini dikarenakan lebih praktis dan mengalami batuk berdahak sangat menyiksa karena biasanya disertai dengan flu dan menyebabkan susah untuk bernafas. Padahal tidak semua obat cocok dengan penderita dan harganya lebih mahal.

Batuk berdahak dapat terjadi karena beberapa masalah, diantaranya:

- Serangan virus, dan biasanya batuk berdahak disertai dengan flu atau pilek.
- Infeksi paru-paru atau saluran nafas.
- Asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan dapat merangsang batuk.
- Nasal discharge, dan biasanya terjadi pada pasien sinusitis.
- Rokok dan penggunaan tembakau. Batuk berdahak biasanya terjadi para perokok atau orang yang menggunakan tembakau dalam bentuk lain.

Penggunaan bahan dari alam yang dapat meredakan batuk berdahak, antara lain:

1. Teh jahe, caranya dengan menggunakan irisan jahe yang telah dibersihkan dan digepuk dicampurkan dengan teh hangat. Minum 2 kali sehari.
2. Belimbing wuluh. Caranya mengambil 2 genggam bunga belimbing wuluh dan dicampurkan ke beberapa butir adas, gula dan air lalu ditim. Jika sudah agak dingin, saring dan minum
3. Mencampurkan teh madu dan lada putih lalu meminumnya.
4. 1sdm jeruk nipis, 3sdm madu murni, 5sdm air matang dicampur dan ditim selama 30 menit lalu diminum dengan dosis 1sdt sehari 2 kali. Atau dengan mencampur air jeruk nipis dengan kecap dan diminum sehari 2 kali sebanyak 1sdt.

Obat Alami Batuk Berdahak

5. Tumbukan kunyit ½sdm dan madu dicampur ke 1 gelas susu.
6. Daun asam muda setengah genggam dicampur daun saga manis, kayu manis dan gula batu direbus dengan api kecil. Saring dan minum.
7. 2-3 daun kemangi direbus dengan 1-2 gelas air putih. Minum.

Selain obat alami batuk berdahak, beberapa cara yang dapat dilakukan pada anak yang mengalami batuk berdahak antara lain memberi kenyamanan dan keamanan pada anak, mengoleskan minyak kayu putih, jika masih dalam pemberian ASI sebaiknya dihentikan dulu, jangan memberikan obat antiseptik tanpa resep dokter dan memberikan makanan, minuman dan suplemen alami yang mampu diserap tubuh si kecil.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com