Obat Alami Eksim Sederhana yang Manjur

Mengatasi penyakit kulit eksim dengan obat alami eksim, tampaknya cukup ampuh untuk bisa mengurangi gatal dan juga bekas-bekas penyakit ini yang terdapat di permukaan kulit. Penyakit kulit yang satu ini biasanya disebabkan karena infeksi jamur, makanan yang kotor, dan juga lingkungan yang tidak bersih. Eksim juga termasuk kategori penyakit alergi. Banyak penduduk di daerah tropis yang lembab yang terkena penyakit ini.

Apa saja gejala dari penyakit kulit ini? Beberapa gejala jika orang terkena eksim adalah:

- Kulit yang terkena eksim terasa gatal-gatal dan panas.
- Rasa gatal paling terasa di saat malam hari.
- Jika terkena eksim basah, maka kulit menjadi melepuh dan berwarna merah, bengkak, dan timbul bintil-bintil yang isinya nanah atau air.
- Jika eksim yang diderita adalah eksim kering, maka kulit menjadi bersisik, keras, koreng, dan kemerahan.

Rasa gatal dan kulit yang menjadi rusak karena eksim ini tentu harus diobati. Beberapa obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasinya adalah:

Obat Alami Eksim

1. Daun kecubung
Daun kecubung ditumbuk hingga halus, ditambahkan dengan minyak kelapa, dipanaskan, lalu dioleskan ke eksim.

2. Bayam duri
Bayam yang sudah dicuci dan dipotong-potong, direbus sampai 15 menit lalu ditambah dengan garam. Air rebusan bayam bisa digunakan untuk mengompres kulit yang terkena eksim.

3. Akar tapak kuda
Rebus tanaman ini dengan 3 gelas air sampai hanya tersisa 1 gelas saja, lalu tunggu sampai dingin. Saring dan minum setiap hari sampai sembuh.

4. Daun mimba
Daun yang sudah dicuci sampai bersih, digiling hingga halus, lalu diletakkan di atas kulit yang terkena eksim. Balut menggunakan perban, ganti secara teratur.

5. Kangkung
Kangkung yang sudah dicuci bersih direbus sampai 15 menit, lalu basuh kulit yang sakit dengan air rebusannya.

Itulah beberapa obat alami eksim yang bisa mengatasi penyakit kulit ini. Saat menderita penyakit ini, usahakan jangan menggaruk bagian kulit yang terinfeksi tersebut, walaupun terasa sangat gatal. Selain itu, cegah jangan sampai sabun atau air mengenai bagian yang luka. Selalu jaga kebersihan badan, lingkungan, dan makanan, agar eksim tidak kembali kambuh di kulit.

close