Memanfaatkan Tumbuhan Sebagai Obat Alami Gatal-gatal

Bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami gatal-gatal sangatlah banyak dan beragam diantaranya tumbuhan-tumbuhan yang tumbuh disekitar kita juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit tersebut. Penyakit gatal-gatal sudah tidak asing lagi bagi kita, pasti sebagian besar dari kita pernah merasakan gatal-gatal di seluruh bagian tubuh atau hanya di beberapa bagian saja.

Penyakit gatal-gatal ini penderitanya tidak mengenal usia, dari masih bayi sampai orang dewasa sering terserang penyakit gatal-gatal. Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan penyakit gatal-gatal, baik yang ringan dan sepele, sampai karena terserang penyakit kulit. Misalnya:

- Karena alergi debu.
- Alergi makanan.
- Digigit serangga.
- Penyakit kulit seperti panu, kadas dan kurap.
- Air yang kotor.

Dan cara untuk mengatasi gatal-gatal pun banyak dilakukan seperti mengolesi obat yang sering kita temukan di warung-warung atau took terdekat. Tetapi kita sebenarnya dapat memanfaatkan tumbuhan-tumbuhan yang ada di sekitar jika penyakit gatal-gatal tidak kunjung sembuh. Tumbuhan itu antara lain:

Obat Alami Gatal-gatal

1. Daun mahkota dewa, daun ini dapat mengobati penyakit gatal-gatal dengan cara mengambil beberapa lembar daunnya kemudian dihaluskan dan oleskan ke tempat yang gatal.

2. Kulit dari batang kamboja, caranya dengan menghaluskan kulit batang kamboja sampai benar-benar halus kemudian dibalurkan ke bagian kulit yang gatal.

3. Daun biduri, daun biduri juga dapat dimanfaatkan sebagai obat gatal dengan cara mengoleskan daun dengan minyak kepala kemudian panaskan sebentar dan tempelkan ke kulit yang gatal selagi hangat.

4. Daun salam, selain dapat dimanfaatkan sebagai penyedap dalam masakan, daun salam dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk menghilangkan gatal-gatal dengan cara haluskan daun salam dan tempelkan ke bagian yang gatal.

Cara-cara di atas mungkin bisa mengobati gatal-gatal di kulit anda. Memanfaatkan tumbuhan sekitar sebagai obat alami gatal-gatal adalah salah satu alternative jika kita tidak dapat menyembuhkan gatal-gatal dengan cara medis. Selanjutnya anda harus menjaga kebersihan, kesehatan diri anda dan menjaga lingkungan anda tetap bersih agar anda tidak terkena atau tertular penyakit gatal-gatal.

close