Obat Alami Herpes, Dari Daun Dewa Hingga Lidah Buaya

Mencari obat alami herpes tidaklah sulit, karena ada banyak ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Sampai sekarang belum ada yang bisa mencegah penyakit ini, walaupun efeknya bisa diminimalisir. Herpes merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus Herpes simpleks dan Varicella zoster. Beberapa orang menyebutnya cacar air, dan penyakit ini biasanya banyak diderita orang Indonesia, muda maupun dewasa.

Gejala-gejala orang yang terkena penyakit herpes adalah:

- Kulit terasa sangat sensitif dan terbakar selama beberapa minggu,
- Rasa sakit di bagian yang terkena virus,
- Muncul bintik-bintik merah di kulit yang kemudian menggelembung berisi air,
- Gatal-gatal,
- Susah bernapas.

Untuk mengatasi penyakit ini, maka obat tradisional yang bisa digunakan adalah:

1. Daun waru landak
Daun waru landak yang sudah diangin-anginkan hingga kering ditumbuk halus, lalu dicampur tajin. Oleskan pada kulit yang terkena herpes.

2. Daun gude
Giling daun gude yang sudah dicuci sampai halus, lalu oleskan di bagian yang sakit.

Obat Alami Herpes

3. Daun dewa
Cuci daun dewa segar sampai bersih, giling hingga halus. Oleskan di kulit yang terkena herpes.

4. Daun dewa merah
Iris tipis, rebus dengan air sebanyak 3 gelas, lalu disaring dan diminum 2 kali sehari sebanyak setengah gelas.

5. Jintan hitam
Jintan hitam dicampur 2 umbi temu putih ukuran kecil, umbi bidara upas, sambiloto 20 buah, dan brotowali 5 batang. Rebus di dalam air sebanyak 5 gelas sampai tersisa 2 gelas. Minum dua kali sehari, masing-masing 2 gelas.

6. Teh hijau
Teh hijau celup, rendam kantong teh ke dalam air hangat, letakkan di atas kulit yang terkena herpes selama beberapa menit. Diulang setiap jam, atau tekan kantong di atas luka selama setengah jam.

Itulah beberapa obat alami herpes yang dapat Anda minum dan oleskan di kulit. Selain menggunakan bahan di atas, bahan alami lain yang sangat manjur dalam mengobati herpes adalah tanaman lidah buaya. Lendir dari daun lidah buaya yang dioleskan ke kulit yang terkena herpes dapat membuatnya mengering dalam waktu cepat dan meredakan rasa sakit.

Obat Alami Herpes Zoster

Obat alami herpes zoster merupakan alternatif pengobatan yang sangat berguna bagi para penderita penyakit ini. Apa beda penyakit herpes zoster dengan penyakit herpes yang lain? Herpes zoster ini disebabkan oleh virus bernama varicella-zoster, dan merupakan suatu infeksi pada kulit yang merupakan kelanjutan dari cacar air. Seseorang yang terkena herpes zoster akan mempunyai gelembung cacar yang lebih besar dan hanya mengelompok di bagian badan tertentu. Penyakit ini sangatlah menular.

Gejala yang dialami oleh orang-orang yang mengalami herpes zoster biasanya hampir sama dengan gejala herpes pada umumnya, yaitu:

- Demam dan menggigil,
- Sulit untuk bernapas atau sesak,
- Rasa nyeri yang ada di persendian,
- Pegal-pegal di suatu bagian tubuh,
- Terdapat bintik-bintik merah di kulit yang kemudian menjadi gelembung cair,
- Sakit perut.

Jika sudah terkena penyakit herpes zoster ini, maka berikut adalah beberapa ramuan tradisional yang dapat membantu untuk mengatasinya:

1. Cabai
Percaya atau tidak, kandungan capsaicin di dalam cabai dapat membantu untuk mengurangi nyeri. Mengoleskan daun cabai yang sudah ditumbuk ke area kulit yang sakit dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit.

2. Bawang putih
Cincang bawang putih secukupnya, lalu tambahkan di makanan yang akan Anda makan. Atau bisa ditambahkan dengan patikan cina, tumbuk halus, tambah sedikit air dingin, lalu balurkan ke kulit yang terkena herpes.

3. Krokot dan sambiloto
Krokot segar sebanyak 60 gram direbus bersama sambiloto sebanyak 15 gram dalam 600 cc air sampai tinggal setengahnya saja. Setelah ditambahkan sesendok madu, maka rebusan tersebut bisa diminum sebanyak 2 kali dalam sehari.

4. Daun kentutan
Daun kentutan yang sudah dicuci ditumbuk sampai halus, lalu ditambahkan minyak kelapa dan belerang. Setelah diaduk, hasil tumbukan tadi bisa dioleskan ke kulit yang sakit.

Itulah beberapa obat alami herpes zoster yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi penyakit ini. Untuk mencegah, usahakan untuk menjaga badan agar tidak terlalu lelah sehingga imunitas tubuh tidak turun, dan menyebabkan Anda terkena penyakit ini. Jika sudah terkena, untuk sementara hindarilah dulu memakan udang, kepiting, kerang, telur, dan nangka, dan salak.

close