Obat Alami Radang Tenggorokan pada Balita, Aman dan Ampuh

Saat seorang balita tidak bisa menelan makanannya secara cepat, atau berbicara dengan suara yang sengat, maka sebaiknya sebagai orang tua harus bertindak cepat dan memberikan obat alami radang tenggorokan pada balita mereka. Penyakit ini memang cukup banyak diderita anak-anak dan balita, dan mereka pun bisa sembuh dengan cukup cepat jika diobati, tetapi bukan berarti Anda bisa menganggap remeh penyakit ini, apalagi menyangkut kesehatan anak.

Ada banyak yang bisa menyebabkan kenapa seorang bayi mengalami radang tenggorokan. Ada yang karena terkena bakteri streptokokus A, ada yang karena terkena virus influenza. Bisa juga karena alergi, misalnya bermain di tempat yang penuh dengan debu atau banyak bulu dari binatang peliharaan. Cuaca yang kering juga mempunyai pengaruh besar pada kesehatan tenggorokan pada anak.

Jika balita Anda terkena radang tenggorokan, maka beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah:

1. Kumur dengan air garam
Jika anak sudah bisa berkumur tanpa menelan, maka obat ini cukup ampuh. Air hangat yang sudah diberi garam diberikan kepada anak untuk berkumur dan kemudian dibuang. Hal ini akan membantu mulut anak yang kering menjadi nyaman dan melemaskan otot mulut.

2. Air hangat
Memberikan air hangat kepada balita juga cukup manjur untuk meredakan radang tenggorokan. Namun tingkat suhu pada air harus diawasi, agar tidak terlalu panas bagi balita yang lebih sensitif daripada orang dewasa.

Obat Alami Radang Tenggorokan

3. Minyak mustard
Minyak ini juga bisa digunakan untuk meredakan radang. Tetapi bukan untuk dikonsumsi, melainkan obat luar. Gosokkan minyak tersebut di leher balita, dan pijat perlahan-lahan sehingga terasa nyaman.

4. Bawang putih
Bawang putih direbus, lalu dibiarkan sampai air rebusan agak dingin. Dengan pipet, berikan beberapa tetes air bawang putih tersebut pada balita Anda agar rasa nyeri bisa diredakan.

Itulah beberapa obat alami radang tenggorokan pada balita yang bisa Anda berikan. Meskipun radang tenggorokan termasuk penyakit yang bisa disembuhkan dengan mudah, Anda tetap harus berhati-hati, karena menyangkut kesehatan anak Anda. Pastikan agar anak Anda mendapatkan istirahat dan nutrisi yang cukup agar sistem kekebalan tubuh mereka dapat bekerja dengan maksimal.

Obat Alami Radang Tenggorokan pada Anak, Berikan Selagi Hangat

Mendengar si kecil terbatuk-batuk, mengeluh lehernya sakit, dan juga daerah tenggorokannya berwarna merah, maka perlu memberikan obat alami radang tenggorokan pada anak karena biasanya gejala tersebut menunjukkan bahwa itulah penyakit yang sedang diderita. Meskipun bisa disembuhkan dengan cukup mudah, Anda tetap harus waspada karena radang bisa bertambah parah jika dibiarkan begitu saja.

Saat seorang anak mengalami radang tenggorokan, maka gejala yang biasanya terjadi adalah:

- Tenggorokan terasa sakit.
- Amandel bengkak dan warnanya merah, bahkan ada bercak putih atau nanah di amandel.
- Sulit menelan, bahkan air liur sendiri.
- Di bagian atap mulut terdapat bintik-bintik berwarna merah.
- Kelenjar getah bening yang ada di leher menjadi bengkak.
- Sakit kepala.
- Badan cepat lelah.
- Demam tinggi yang bisa melebihi 38,8 derajat Celcius.
- Persendian terasa nyeri atau bahkan bengkak.
- Perut terasa sakit, dan kadang disertai muntah-muntah.
- Muncul ruam di kulit.

Jika anak sudah terkena radang tenggorokan, maka beberapa cara berikut ini bisa dilakukan:

1. Teh jahe
Jahe sebesar 1 inci yang dipotong, dimemarkan, lalu direbus selama 2 menit. Campur dengan teh sesuai pilihan dan berikan kepada anak Anda untuk diminum.

2. Jus lemon
Setengah iris lemon diperas, lalu dicampur ke dalam air hangat sebanyak satu gelas, lalu diminum tanpa tambahan gula. Paling baik diminum sebelum makan, sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

3. Jus belimbing
Pilih buah belimbing yang manis, sebanyak kira-kira 100 gram, lalu buat menjadi jus dan kemudian minumkan ke anak. Belimbing mempunyai kandungan anti-radang yang sangat bagus untuk meredakan radang tenggorokan.

4. Teh chamomile
Seduh teh chamomile sebanyak 2 kantong, lalu minumkan ke anak saat masih hangat. Bisa ditambahkan madu dan lemon agar rasanya lebih enak.

Itulah obat alami radang tenggorokan pada anak. Pastikan agar anak mendapatkan banyak cairan dengan memberikan banyak air putih, mendapatkan istirahat yang cukup, dan tidak banyak berbicara. Untuk mencegah agar anak tidak lagi terkena radang, selalu kenakan masker saat di luar rumah sedang berdebu, cuci tangan, dan selalu jaga kebersihan di lingkungan.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com