Perilaku Hidup Sehat Menjadi Obat Alami Xerostomia

Banyak orang bingung mencari obat alami xerostomia, anda tidak perlu menelan obat yang pahit dimana anda hanya perlu merubah gaya hidup yang sekarang menjadi gaya hidup sehat. Timbulnya rasa kering dan terasa kekeringan pada mulut, ini diakibatkan dari bahan makanan yang masuk dalam mulut, padahal seperti anda tahu bahwa mulut adalah bagian organ vital yang sangat sensitive. Dimana bagian inilah yang bersentuhan langsung dengan lingkungan dan menjadi pintu masuk segala macam penyakit, kuman dan virus, termasuk makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

Banyak orang yang meremehkan gejala ini, mulai dari mulut yang kering namun tetap saja meminum minuman caffeine, dimana cairan jenis ini akan membuat mulut semakin kering dan anda bisa terjaga semalaman. Ini bisa memicu kurangnya produksi air liur pada mulut, kekurangan inilah yang akan memperparah kondisi penderita, setelah produksi yang kurang anda akan kesulitan untuk berbicara, makan dan juga mengantupkan mulut. Timbulnya kesulitan ini karena tidak adanya cairan yang membantu mendorong makanan, menggerakkan mulut dan juga membuat mulut menjadi sangat kaku Tanpa adanya air liur sebagai pelumas mulut, maka mulut hanya akan seperti karet yang sulit untuk dilunakkan.

Jika anda ingin tidak ingin terjerat penyakit ini dan juga bagi anda yang ingin terbebas, belum ada kata terlambat untuk memulai terapi yang bisa anda lakukan setiap hari, dimana ini akan membuat anda bergaya hidup sehat:

1. Tidak memakan makanan dan minuman manis atau asam 10 menit sebelum tidur, lebih baik lakukan gosok gigi terlebih dahulu.
2. Hentikan pemakaian obat kumur dengan kandungan alcohol.
3. Hentikan kebiasaan merokok dan juga hindari pula para perokok.
4. Lebih baik tidak mengkonsumsi minuman bercafein terlalu sering.
5. Perbanyak konsumsi air putih, minimal 2 liter setiap hari.
6. Apabila mengalami sulit bernafas lebih baik menengadahkan mulut ke atas dan bernafaslah melalui mulut dengan perlahan.

Obat Alami Xerostomia

Beberapa tips di atas sudah terbukti manjur sebagai obat alami xerostomia yang tidak akan memperparah penyakit anda, jika mulut kering masih saja muncul. Anda bisa melakukan terapi madu dengan cara mengoleskan secara tipis-tipis pada bagian mulut yang kering, ini akan mengembalikan elastisitas dan merangsang produksi air liur.

Perilaku Sehari-hari Bisa Menjadi Obat Tradisional Xerostomia

Anda sedang mencari obat tradisional xerostomia? Tidak perlu mencari obat, anda bisa menyembuhkan sendiri penyakit ini dengan menerapkan perilaku keseharian yang sehat. Bagi anda yang belum mengerti apakah penyakit ini, ini sama dengan mulut kering, dimana penyakit ini sering kali di anggap remeh oleh penderitanya tanpa memberikan asupan mineral yang cukup setiap harinya, namun ini bisa menjadi salah satu gangguan kecil yang menyulitkan anda jika tidak diperlakukan dengan baik dan benar.

Bagi anda yang belum paham, ada baiknya menyimak gejala apa saja yang muncul untuk mengindikasikan anda terkena mulut kering:

- Timbulnya kista atau tumor pada kelenjar saliva, gejala ini bisa anda kenali dengan muncul tonjolan apda daerah sekitar mulut, maka jika menemukan hal yang aneh pada area mulut lebih baik untuk bertanya pada dokter.

- Konsumsi obat-obatan tertentu, jika anda mengkonsumsi obat dengan kandungan antikolonergik dan aksi simpatomimetik, serta obat-obatan anti depresan, ini bisa memicu timbulnya komplikasi pada aliran saluran saliva.

- Usia, ini menjadi salah satu faktor yang memicu hal ini terjadi, pada usia senja tentu saja organ tubuh tidak bisa berfungsi maksimal.

Setelah anda mengetahui gejalanya, jika anda termasuk dalam salah satu gejala penyakit ini, alangkah baiknya untuk melakukan terapi keseharian yang tidak sulit untuk anda lakukan:

1. Perbanyak asupan air putih, setidaknya anda harus mengkonsumsi 2 liter air putih setiap harinya, ini adalah batas minimal akan lebih baik lagi jika lebih dimana air putih dapat menetralisir racun dan membawanya keluar dari tubuh.

2. Madu, cairan manis yang terdapat langsung di alam ini memang memberikan banyak manfaat, ini juga berguna untuk melembabkan mulut anda yang kering.

3. Hentikan pemakaian obat kumur, bagi orang yang menyukai kerapian tentu banyak menggunakan obat kumur untuk menimbulkan aroma harus saat berbicara, kebiasaan yang dikira baik ini bisa menimbulkan munculnya penyakit ini.

4. Gunakan obat herbal, segala hal yang berasal dari alam memang memberikan manfaat dan juga obat bagi penyakit, gunakan obat alam yang bisa berperan sebagai antioksidan, hal ini banyak ditemukan pada buah-buahan.

Setelah mengetahui perilaku sehari-hari bisa menjadi obat tradisional xerostemia anda tidak perlu menggunakan obat-obatan kimia bukan, menggunakan obat semacam ini malahan akan menimbulkan komplikasi yang lain pada daerah mulut, dimana daerah ini adalah area yang paling sensitive.

close