Penanganan dan Obat Alami Batuk Kering

Jahe tidak hanya berfungsi sebagai obat untuk batuk berdahak namun juga sebagai obat alami batuk kering. Batuk kering merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh kuman turbelcle bacili dan paru-paru merupakan bagian utama yang terjangkit. Perbedaan dengan batuk berdahak adalah, batuk kering merupakan batuk tanpa disertai dahak dan tanpa sekresi di saluran pernafasan sehingga terjadi iritasi dan sakit pada tenggorokan. Sebelumnya, lihat juga artikel obat alami batuk berdahak.

Penyebab timbulnya batuk kering antara lain:

1. Seringnya memakan makanan yang digoreng dan berminyak sehingga tenggorokan menjadi kering dan licin karena minyak dapat mengurangi cairan pada tenggorokan.

2. Zat nikotin pada rokok dapat menyebabkan bronkus paru terdesak oleh asap rokok sehingga oksigen dalam paru-paru menurun dan berkurang sehingga timbullah batuk.

3. Sering meminum minuman dingin dan sofdrink, karena softdrink dapat membuat rangsangan batuk lebih tajam yang disebabkan kandungan dalam minuman yang tidak dapat diterima tubuh dan minuman dingin yang dapat dengan cepat menyebabkan tenggorokan menjadi dingin.

Beberapa pengobatan alami yang dapat dilakukan antara lain:

Obat Alami Batuk Kering

- Meminum teh jahe
- Memblender 30 gr daun pegagan, gula batu yang sedikit dihancurkan dan air secukupnya. Minum
- Merebus 15 gr daun saga, 15 gr asam, 1 ruas jari kayu manis dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc air, saring lalu minum 2 kali sehari.
- Meminum jus dari 2 buah mengkudu dan 30 gr umpi bidara upas yang dicuci dan dipotong lalu dibuat jus.
- Meminum rebusan air dari 7 lembar daun sirih, 30 gr kencur yang diiris dan ditambahkan gula batu dalam 600 cc air.
- Merebus 10 gr daun sambiloto, 7 lebar daun mint, 1sdm air perasan jeruk nipis ditambahkan gula batu secukupnya ke dalam 400 cc air. Saring rebusan kemudian minum.

Selain menggunakan obat alami batuk kering juga harus dilakukan untuk mencegah batuk kering, diantaranya berkumur dengan menggunakan air garam untuk berkumur untuk mencegah penyakit ini jika Anda menderita masalah iritasi pada tenggorokan atau infeksi, meminum air lemon, meminum air putih sebanyak 2 liter sehari untuk membantu terhindarnya dehidrasi dan dapat mencairkan dahak pada tenggorokan.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com