Dari Rock Sampai Dangdut! Inilah Alasan Kenapa Musik Bisa Bikin Hidup Kita Berwarna!

Musik memang pantas untuk di jadikan obat yang sangat mujarab ketika perasaan kita sedang kesal, galau, gundah, gulana, ataupun stress. Bahkan banyak orang yang berkata jika musik bisa membuat hidup kita menjadi lebih berwarna. Mungkin kita sendiri sering menikmati perjalanan dengan mendengarkan musik, entah sekesal apa fikiran, ketika mendengarkan lagu yang kita senangi, seluruh fikiran bisa langsung luruh. Kamu sendiri pasti sering berfikir, kenapa sih musik bisa bikin harimu makin berwarna? Ini dia alasannya

Musik bisa ngurangin stress

Rasa stress memang mudah banget merajalela, ini biasanya di rasakan orang-orang yang biasanya mendengarkan musik. Saat menyelesaikan segala pekerjaan kantor, saat jam istirahat, malah pulang kantor hingga pergi tidur. Banyak penelitian menjelaskan, jika mendengarkan musik bisa mencegah stress. Gimana kalau udah ngerasain stress? musik ini mampu ngurangi tingkat stress yang kamu rasain. Penelitian ini didasari dengan penelitian yang lain, kalau musik juga bisa membangun mood.

Musik mampu membawa rasa nyaman

Mungkin kamu bakal nggak percaya kalau ngeliat kenyataan ini. Sebenarnya musik sangat terbukti untuk menambah perasaan nyaman, bahkan memutar musik ketika berada di ruang operasi bisa menurunkan tingkat stress yang dimiliki oleh pasien, ajaibnya rasa nyaman ini bisa mereka rasakan sekalipun mereka tidak sadarkan diri.

Aliran darah bisa menjadi lancar kalau kamu biasa mendengarkan musik

Sebuah penemuan mengungkap, bila seseorang biasa mendengarkan musik, ia akan memiliki jantung yang lebih sehat daripada orang lain. Musik ini mampu mempengaruhi pelebaran yang berada di pembuluh darah. Tentu hal ini dapat mengakibatkan peredaran darah jadi lancar. Saat kamu mendengarkan musik, dan kamu merasa lebih bahagia, pelebaran pembuluh darah yang berada di tubuhmu bisa mencapai 26%.

mendengarkan musik

Orang yang sering mendengarkan musik lebih peka terhadap bunyi

Selain bagi perasaan, ternyata musik juga sangat berpengaruh dalam pendengaran. Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2011 lalu mengatakan, musik memiliki manfaat yang cukup besar bagi kepekaan pendengaran manusia. Musisi-musisi yang memiliki hobby bermusik, memiliki kemampuan mengolah bunyi yang sangat baik. Tak hanya itu lho, kualitas orang-organ yang dimiliki mereka juga lebih prima, bila di bandingkan dengan orang-orang yang jarang mendengarkan musik.

Membuat tidak cepat lupa

Pasti kamu juga sering mendengar kalau musik juga bisa mempengaruhi kecerdasan seseorang, bahkan kebiasaan memainkan musik juga terbukti sangat ampuh agar daya ingat yang dimiliki oleh anak-anak terjaga. Alasannya jika mendengarkan musik secara terus menerus mereka akan lebih terlatih untuk memfokuskan diri pada yang mereka dengar. Kalaupun mereka memainkan musik, mereka akan berlatih untuk mengingat segala not yang tepat di instrumen atau suara yang mereka mainkan.

Musik dapat membantu penyembuhan stroke

Jika di terapkan dengan tepat, musik ini bisa menjadi salah satu terapi yang membantu pengobatan stroke. Musik akan membantu kemampuan otak yang mereka miliki, sehingga otak akan mulai sinkron kembali. Inilah yang menyebabkan proses pemulihan orang yang memiliki penyakit stroke dan suka mendengarkan musik akan lebih cepat.

Musik membantu organ yang berada di otak agar prima

ada juga penelitian yang mengemukakan jika musik memiliki kaitan erat dengan otak manusia. Bahkan jika seseorang hoby mendengarkan musik dalam jenis tertentu, ia bisa memiliki ketajaman untuk berpikir yang jauh lebih tinggi dari pada orang yang tidak suka mendengarkan. Oleh sebab itu sering kita mendengar saran bila ibu hamil lebih baik mendengarkan musik-musik klasik.

close