Scrub Lemon, Cara Ampuh Atasi Jerawat Pada Kulit Berminyak

Kulit wajah adalah bagian yang bisa dibilang paling sensitif di antara permukaan kulit yang lainnya, lantaran banyaknya pembuluh darah di bawahnya. Ini berarti luka yang terjadi di kulit wajah lebih cepat sembuh, namun juga mempunyai efek samping di mana kulit wajah menjadi lebih sensitif dan mudah terkena iritasi. Apalagi jika Anda punya kulit yang berminyak, jerawat akan dengan cepat tumbuh di permukaannya.

Mempunyai jerawat di wajah tentunya sangat menyebalkan, apalagi ketika Anda akan bepergian ke pesta atau bertemu teman-teman. Wajah jadi terlihat kusam, kotor, dan tidak sehat. Namun bukan berarti mempunyai jerawat tersebut berarti dunia Anda berakhir. Anda bisa mengatasinya dengan berbagai bahan alami yang murah dan aman, salah satunya adalah lemon, yang memang dikenal baik untuk kulit.

Mau tahu caranya membuat scrub lemon yang mampu mengusir jerawat? Ikutilah langkah-langkahnya berikut ini:

1. Belilah sebuah lemon yang bagus dan berkualitas.
2. Iris lemon menjadi dua bagian yang sama besar.
3. Peras buah lemon tersebut sampai semua cairannya keluar, dan Anda bisa mendapatkan sarinya dalam jumlah yang cukup banyak. Anda bisa menggunakan alat peras manual atau juice extractor.
4. Tuangkan cairan lemon tersebut di wadah sendiri, dan tambahkan sejumlah garam ke dalamnya.
5. Oleskan lemon yang telah dicampur garam tersebut ke permukaan kulit wajah yang terkena jerawat, atau di bagian tubuh lain yang juga ditumbuhi jerawat.
6. Ratakan cairan lemon tersebut di kulit, dan pijat-pijat lembut untuk membuat kulit menjadi lebih rileks.
7. Setelah semua permukaan wajah yang terkena jerawat sudah dioleskan lemon, diamkan selama 10 sampai 15 menit.
8. Bilas dengan air untuk menghilangkan scrubbing.

Cara Ampuh Atasi Jerawat

Anda juga bisa melakukan ini tidak hanya untuk wajah, tetapi juga untuk bagian-bagian kulit yang bermasalah. Hal ini karena lemon adalah bahan alami yang sangat berguna bagi kesehatan kulit, sebab lemon:

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat


- Mengandung vitamin E dan berbagai mineral yang berguna bagi kulit.
- Bisa mengatasi mengurangi produksi minyak yang berlebihan di kulit wajah.
- Merupakan antiseptik yang sifatnya alami, sehingga aman dan efektif dalam mengangkat minyak dan kotoran yang ada di wajah, termasuk juga bakteri yang menyebabkan jerawat.
- Selain menggunakan scrub, Anda juga bisa menggunakan hanya cairan lemon yang dioleskan ke bagian kulit berjerawat.
- Bila Anda ingin menghilangkan bekas jerawat, cuci muka, lalu peras air lemon dan usapkan ke atas bekas jerawat tersebut. Lakukan di malam hari.
- Selain menghilangkan jerawat, lemon juga bisa menghilangkan bintik hitam di wajah.

Selain berguna bagi kulit dan masalah jerawat, lemon juga mempunyai khasiat lain yang harus Anda ketahui, misalnya:

- Menjaga rambut agar tidak kering, dengan mencampurnya bersama minyak zaitun dan madu, lalu dioleskan ke rambut dan didiamkan 30 menit.
- Menguatkan kuku karena banyaknya vitamin C. Cukup rendam saja kuku dalam larutan lemon selama 10 menit, dilanjutkan dengan merendamnya di air hangat bercampur cuka, lalu bersihkan dengan air.
- Meringankan bibir yang pecah-pecah, dengan cara menggosokkan lemon, krim, dan madu ke bibir.
- Membantu dalam membersihkan peralatan makan dan kompor yang mempunyai noda membandel dan berbau tak sedap.

Jadi, tidak hanya sebagai scrub saja. Lemon mempunyai banyak manfaat bagi kulit, kesehatan tubuh, dan juga dalam membersihkan peralatan rumah tangga. Manfaatkanlah buah-buahan alami yang multifungsi seperti ini, dan lihatlah sendiri kualitas hidup Anda akan meningkat drastis.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com