Murah dan Sehat? Intip Cara Membuat Scrub untuk Memutihkan Wajah

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi perhatian utama bagi para wanita. Ketika wajah kusam dan tidak cerah tentu akan sangat mempengaruhi penampilan kita sehari hari. Wajah yang kusam tentu akan mengurangi rasa percaya diri dan tentunya juga tidak baik untuk kesehatan sekaligus kecantikan kulit wajah kita.

Perhatian terhadap kesehatan dan perawatan wajah kini bukan saja menjadi perhatian wanita. Namun, kini pria pun mulai perhatian dengan kesehatan kulit wajah agar menunjang penampilan sehari hari. Untuk merawat kulit wajah tentu banyak alternative pilihan, mulai dari perawatan alami sederhana hingga mengeluarkan dana yang cukup banyak untuk perawatan di klinik kecantikan.

Untuk perawatan dengan biaya yang lebih murah tentu pilihannya membuat scrub dari bahan bahan alami. Namun sebelum menjelaskan bahan bahan apa saja yang dapat digunakan, kenali terlebih dahulu penyebab kulit wajah terlihat kusam

1. Stres

Siapa saja pasti pernah mengalami stress. Secara teori, stres merupakan penyakit atau gangguan yang menyerang psikologis. Namun, pada kenyataan nya akibat stres bisa menyebar hingga ke berbagai hal. Salah satu nya yakni penampilan secara fisk maupun mental. Hal ini disebabkan ketika kita mengalami stres, maka secara langsung membuat tubuh kita memproduksi kelenjar yang berlebihan. Salah satunya kelenjar pada daerah wajah dan menyebabkan jerawat, produksi minyak berlebih atau kulit kusam.

2. Kurang Tidur

Bagi sebagian orang, efek kurang tidur lebih kepada kantong mata berwarna hitam yang akan muncul dengan cepat. Namun, tanpa disadari terlalu sering kurang tidur akan membuat kulit terlihat kusam. Selain itu, akna muncul flek hitam sepeti komedo. Normalnya, waktu istirahat seseorang adalah 6-7 jam. Hal ini dibutuhkan untuk membiarkan kulit beristirahat dan regenerasi sel sel kulit yang mati. Waktu tidur yang cukup juga berguna menghindari proses penuaan dini.

3. Pola Makan tak Seimbang

Selain tak seimbang, biasanya lebih banyak disebabkan karena kurang mengatur asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Terutama untuk anda yang memiliki wajah sensitif dan berminyak, perbanyak makan sayur dan buah buahan. Saat makan, usahakan porsi sayur lebih banyak dibandingkan porsi nasi. Dan sebelum makan, lebih baik konsumsi buah buahan terlebih dahulu kuranh lebih 30 menit sebelum makan. Dengan buah buahan, kita akan merasa sedikit lebih kenyang dan dengan sendirinya akan mengurangi porsi makan. Selain itu, jaga berat badan anda agar tidak turun atau naik drastis dengan waktu yang singkat.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit dengan Bahan Alami

4. Penggunaan Kosmetik

Ini yang harus diperhatikan oleh kaum hawa. Jangan tergiur dengan kosmetik dengan harga murah namun tidak terjamin kualitasnya. Kenali jenis kulit wajah anda dan ketahui dibagian mana paling sensitif. Pastikan anda memilih kosmetik yang sudah pasti aman untuk tubuh. Selain itu, selalu rajin membersihkan wajah sebelum atau sesudah penggunaan kosmetik. Sebelum cuci muka, pastikan kosmetik bersih dengan susu pembersih, setelah itu barulah anda bisa mencuci muka. Untuk bibir yang rentan menghitam karena lipstick, pakailah lip scrub untuk mengangkat sel sel mati.

Lalu, bahan bahan apa saja yang dapat dibuat sebagai scrub untuk merawat kulit wajah?

scrub memutihkan wajah

1. Pisang

Selain bermanfaat untuk saluran pencernaan, pisang juga ternyata bermanfaat untuk kulit wajah. Kandungan antioksidan dan vitamin yang ada pada pisang sangat baik untuk regenerasi kulit wajah. Teksturnya yang lembek, sangat mudah dibuat untuk scrub. Bisa juga dicampur dengan madu murni.
Penggunaan scrub ini cukup satu minggu sekali saja. Aplikasikan ke wajah selam kurang lebih 30 menit, lalu bilas bersih. Setelah tiga sampai empat kali penggunaan, maka akan terlihat kulit wajah yang semakin cerah.

2. Pepaya

Sudah rahasia umum jika pepaya menjadi bahan baku scrub yang cukup ampuh. Pepaya mengandung enzim yang berguna sebagai anti bakteri dan mampu mengangkat sel sel mati dan bakteri pada kulit wajah. Selain itu, kandungan vitamin pada pepaya membantu mengangkat flek dan noda hitam.
Scrub pepaya juga sangat disarankan bagi anda dengan kulit wajah sensitif. Dengan mencampurkan pepaya dan lemon maka anda telah membuat masker yang cocok untuk kulit sensitif dan kulit kering. Aplikasikan scrub pepaya seminggu sekali saja.

3. Bengkoang

Bengkoang menjadi bahan baku umum yang terkenal untuk perawatan wajah. Bahkan perusahaan kecantikan membuat produknya dari bahan bengkoang. Kandungan fosfor, vitamin C dan antioksidan merupakan perpaduan yang pas untuk membuat kulit wajah sehat dan putih. Selain menjadi scrub, air bengkoang dapat digunakan untuk masker wajah. Air bengkoang berasal dari parutan bengkoang yang diberi air lalu diperas. Sebelum penggunaan, ada baiknya air bengkoang disimpan di dalam lemari es agar lebih tahan lama.

4. Alpukat

Daging alpukat terkenal dengan kandungan vitamin E, vitamin K dan zat besi yang membantu menjaga kelembaban kulit dan menjaga kulit tetap sehat. Minyak alpukat juga berguna karena mengandung kolagen yang sangat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Untuk hasil yang lebih baik, saat membuat scrub daging alpukat dapat dicampur dengan minyak. Beberapa jenis minyak yang disarankan yakni minyak almond, minyak zaitun atau minyak jojoba. Atau untuk anda yang memiliki kulit wajah kering, bisa mencampurkan scrub daging alpukat dengan satu buah kuning telur. Sedangkan untuk kulit berminyak, campurkan daging alpukat dengan tambahan perasan air lemon.

5. Strawberry dan Yoghurt

Ini dia buah kecil yang ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit wajah kita. Biarpun bentuk fisik yang mungil, strawberry mengandung tujuh antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan strawberry ini lebih tinggi dibandingkan dengan buah atau sayuran yang lain.

Kandungan asam alpha-linolenic, vitamin C dan vitamin A juga membantu untuk menjaga kulit tetap sehat dan menjaga kekenyalannya. Untuk pengaplikasiannya, anda bisa menggunakan strawberry saja atau mencampurkan nya dengan yoghurt. Kandungan yoghurt juga sangat baik untuk kulit karena mengandung susu. Cukup gunakan scrub strawberry ini seminggu satu kali saja, dengan minimal tiga kali pemakaian maka anda akan melihat perubahan kulit menjadi lebih cerat dan sehat.

close