7 STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TIDUR

Tidak memiliki waktu yang cukup untuk tidur atau tidak bisa tidur nyenyak adalah suatu hal yang tidak mengenakan. Faktanya, kekurangan tidur, karena alasan apapun, secara signifikan dapat mempengaruhi kesehatan dan kinerja tubuh Anda. Namun Anda tidak perlu panik karena terdapat beberapa tips kesehatan yang dapat membantu Anda terbebas dan terhindar dari keadaan kurang tidur. Yuk, baca tips di bawah ini!

1. Kurangi asupan kafein

Kafein dapat bertahan di dalam tubuh Anda selama 12 jam, lho! Jadi, cobalah untuk mengurangi total asupan kafein bagi Anda yang ketergantungan kepada kopi atau teh. Awalnya mungkin akan sulit karena terkadang kita membutuhkan booster dari minuman kafein. Tapi dengan secara terus menerus mengurangi asupan kafein akan memberikan manfaat baik bagi tubuh Anda.

2. Temukan posisi nyaman di tempat tidur

tetap bugar meski kurang tidur

Pastikan bahwa tempat tidur dan posisi bantal Anda terasa nyaman. Jangan tidur tengkurap. Usahakan untuk tidur terlentang, selain baik untuk tulang belakang, tidur terlentang tidak akan menekan organ dalam Anda. Jika ingin tidur menyamping, lebih baik untuk miring ke kanan karena tidak akan menekan jantung. Intinya adalah buat diri Anda senyaman mungkin sebelum tidur.

3. Manage tingkat stress Anda

Stress dapat menghambat tidur Anda. Untuk menghindari stress berlebih, coba latihan bernafas melalui olahraga yoga, alihkan pikiran Anda sejenak dari sumber stress dengan melakukan hal yang Anda suka, atau dengarkan lagu kesukaan Anda untuk menurunkan kadar stress. Atau menangislah, karena hal tersebut merupakan salah satu cara alami tubuh kita untuk melepas stress yang menumpuk.

4. Buat suasana kamar yang mendukung

Pastikan kamar tidur Anda memiliki suasana yang tenang, bebas dari polusi suara. Pasang lagu instrumental dengan volume pelan untuk menambah ketenangan. Selain itu, biasakan untuk tidur dengan lampu yang dimatikan atau gunakan lampu tidur yang cahayanya temaram.

5. Perhatikan asupan gizi Anda

Gizi yang seimbang akan mencegah gejala penyakit yang berhubungan dengan kesehatan tubuh. Misalnya, apabila ada seseorang yang fluktuasi gula darahnya tinggi di siang hari, maka pada malam hari dapat menderita gangguan tidur. Pastikan Anda diet yang seimbang dengan banyak makan buah-buahan dan sayuran segar bersama dengan biji-bijian sebagai tambahan serat untuk tubuh.

6. Perhatikan manajemen waktu sehari-hari

Lakukan hal yang sama setiap hari-jadwal bangun tidur, makan, dan kembali tidur. Dengan melakukan jadwal tersebut di jam yang selalu sama, tubuh dapat mengingat kebiasaan Anda setiap hari. Dengan melakukan hal tersebut, tubuh dapat mengirimkan sinyal kapan waktunya Anda beraktifitas dan kapan waktunya Anda memejamkan mata untuk beristirahat.

tips tetap bugar meski kurang tidur

7. Berolahragalah secara teratur

Tubuh Anda mungkin belum sepenuhnya siap untuk beristirahat sebelum energinya benar-benar habis. Olahraga rutin dapat menjadi hal yang esensial bagi Anda yang memiliki masalah tidur. Jika Anda terlalu sibuk karena bekerja atau malas datang ke tempat gym, Anda bisa mencoba untuk fitness di 20 FIT. Selain dapat dipanggil ke tempat Anda, kantor atau rumah, olahraga yang Anda jalankan hanya memakan waktu selama 20 menit saja, namun hasil yang dimanfaatkan sama dengan apabila Anda berlatih selama 2 jam di gym konvensional.

Apabila Anda terpaksa tidak mendapat cukup tidur, ada baiknya Anda juga membaca tips tetap bugar meski kurang tidur yang dapat membantu menjaga kesehatan.

Setelah membaca tips-tips di atas, diharapkan Anda dapat terbebas ataupun terhindar dari  masalah kekurangan atau kesulitan tidur. Perlu Anda ketahui bahwa tidur adalah suatu keharusan; jika Anda ingin menjaga kesehatan dan kewarasan Anda. Happy sleeping!
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com