Memilih Tabir Surya yang Aman

Berpanas-panasan di bawah sinar matahari terkadang membuat banyak orang khawatir. Sinar ultraviolet yang sangat berbahaya bagi kulit dapat meradiasi kulit jika tidak melindungi kulit dengan tabir surya. Sinar matahari memang menjadi musuh utama bagi kulit. Terkena radiasi ultraviolet bahkan dapat menyebabkan kanker kulit. Untuk itu sunscreen yang berbentuk krim atau gel sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang selalu berpanas-panasan.

SPF yang biasa disebut dengan sunscreen, sunblock, dan tabir surya, memiliki kepanjangan Sunscreen Protection Factor atau pelindung sinar matahari. Sunscreen adalah filter untuk pancaran sinar matahari, karena ada bagian sinar yang dibutuhkan oleh kulit dan harus dihindari oleh kulit. Orang biasa menyebut sunscreen dengan sunblock. Sunscreen ini sebenarnya ada 2 jenis.

tabir surya

1. Chemical sunblock yaitu sunblock yang dapat memproteksi kulit dari UV-B dan mengandung PABA dan simanat.

2. Physical Sunblock yaitu sunblock yang dapat memantulkan sinar matahari dan melindungi kulit dari UV-A, yang mana dibuat dengan bahan titanium dioxide, zinc oxide, dan iron oxide.

Pemilihan sunscreen untuk kulit juga tidak boleh sembarangan. Pilihlah sunscreen yang aman bagi kulit dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

Baca juga: Pelembab Wajah Terbaik untuk Wajah Berminyak


1. Hal pertama yang perlu dilakukan untuk melakukan perawatan maupun memakai make up adalah mengenali jenis kulit. Apakah kulit cenderung kering, berminyak atau sensitif. Untuk kulit berminyak, sangat direkomendasikan memakai yang oil free, dan oilbased untuk kulit kering normal.

2. Kandungan SPF dalam sunscreen atau kosmetik lainnya adalah faktor yang menentukan berapa lama kulit dapat terlindungi.

3. Memilih sunscreen yang PABA free alias tidak memiliki kandungan PABA. Yang paling baik adalah yang bersifat “broad spectrum”, yang mana melindungi dari sinar UV-A dan UV-B. Kandungan titanium dioxide, avobenzone, dan clan zinc oxide sangat dibutuhkan bagi kulit.

4. Carilah juga yang mengandung vitamin-vitamin sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas.

5. Untuk aktifitas yang akan mengeluarkan keringat, jenis sweatproof dapat bertahan terhadap keringat. Sehingga, sunscreen tidak akan luntur saat panas-panasan.

6. Bagi yang menyukai olahraga renang atau olahraga air lainnya, memakai sunscreen yang bersifat water resistant akan melindungi kulit saat sedang berada dalam air pada cuaca panas terik. Berenang di laut atau di kolam renang siang hari saat matahari sedang terik-teriknya dapat membuat kulit iritasi ataupun meradang. Gejalanya biasanya adalah kulit memerah dan terasa perih, kemudian disertai dengan kulit yang mengelupas.

7. Memilih sunscreen organik dapat melindungi kulit lebih dibanding sunscreen fisik lainnya karena dapat menyerap radiasi UV-A dan B yang menyebabkan kanker kulit.

Memilih tabir surya yang cocok bagi kulit tidaklah mudah. Tiap orang memiliki kebutuhan sunscreen tersendiri, karena jika salah pemakaian, kulit bisa iritasi, berjerawat, meradang, bahkan terkena kanker kulit.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com