5 Macam Minuman Tradisional Berpeluang Menjanjikan

Kuliner memang menjadi bagian dari usaha menjanjikan dan ini bukanlah rahasia lagi. Bahkan tak sedikit varian dari menu kuliner yang beredar di sekitar dan masing-masing memiliki khas tersendiri. Sekalipun jenis-jenis kuliner ada banyak, akan tetapi pemilihan yang paling tepat tentunya tak dikesampingkan begitu saja jika ingin mendapatkan kesuksesan dalam usaha itu. Adapun salah satu menu pilihan terbaik dan berpeluang tinggi laku di pasaran ialah minuman tradisional. Meskipun di era digital yang serba modern, tak menjadikan minuman khas tradisional tergeser begitu saja. Bahkan minuman ini tanpa klasik dan mengasyikkan. Hanya saja, sudah banyak yang mengalihkannya dengan minuman lainnya.

Di Tanah air ini ada banyak sekali minuman citarasa tradisional yang tetap eksis di beberapa lokasi saja. Padahal, minuman tersebut tak hanya menjadi pelepas dahaga, melainkan juga sebagai minuman kesehatan. Tak sedikit ditemui khasiat terbaik di balik minuman istimewa ini, akan tetapi belum banyak yang mengetahuinya. Menu minuman bersangkutan antara lain ialah:

Baca juga: 2 Resep Bumbu Ikan Bakar Buatan Sendiri


Bajigur

Minuman khas dari Sunda ini mempunyai rasa hangat yang nikmat. Pastinya akan terasa semakin mantap bilamana di seduh di pagi maupun petang hari. Lantas ditemani oleh menu camilan kian menjadikan quality time yang nyaman bersama teman, pasangan, keluarga maupun saat sedang sendirian. Menu tradisional dari Jawa Barat berupa minuman Bajigur ini tercover oleh beberapa komposisi terbaik seperti santan, gula aren, jahe, bubuk vanili, garam dan taburan daun pandan yang menumbuhkan aroma harum sedap alami.

Wedang uwuh

Adalah minuman tradisional khas Jawa yang di dalamnya terdapat beragam jenis daun organik dalam seporsi gelasnya. Meskipun jika diartikan dari wedang uwuh ini adalah minuman sampah, akan tetapi pada segelas minuman ini tidaknya menu sembarangan. Terbukti dengan porsi minuman yang terkandung oleh beberapa dedaunan herbal dan kaya akan manfaat tersimpan di dalamnya. Minuman hangat ini sangat pas disajikan di kala petang ataupun malam.

Wedang ronde

Minuman khas dari Jawa ini mempunyai arti tersendiri yakni wedang maknanya ialah minuman, sedangkan ronde itu sendiri adalah bola-bola. Jadinya wedang ronde ini ialah seporsi minuman jahe yang di dalamnya terdapat ronde dan tak jarang pula ditambahkan beberapa butir kacang tanah yang telah dikupas serta irisan kolang-kaling tipis-tipis dengan warna pink agar lebih menarik. Seduhan hangat ini pastinya pas di kala hujan telah reda maupun di kala cuaca dingin sedang melanda. Selain mantap, menu ini sangat bagus dalam menghangatkan tubuh lebih optimal.

minuman tradisional Wedang ronde

Sekoteng

Minuman asli dari kota Jawa tengah ini mempunyai komposisi dari kacang tanah, kacang hijau, pacar cina dan beberapa potong roti yang berada di dalam seporsi air jahe atau wedang jahe. Penyajiannya pun dalam keadaan panas dan pastinya cocok dihidangkan di kala malam maupun selepas hujan. Tampak seperti menu minuman yang lengkap menghangatkan sekaligus membuat kenyang. Air jahe yang baik untuk menghangatkan tubuh ditambah menu isi yang bervariasi pas untuk menemani sajian khas ini.

Bir pletok

Adalah minuman khas dari Betawi yang pastinya tak ada kandungan alkohol di dalamnya. Minuman ini terkomposisi oleh air jahe yang ditambahkan beberapa kayu manis, sereh. Kayu secang dan kapulaga. Minuman berbahan rempah-rempah ini tidaklah mempunyai unsur alkohol maupun Bir sekalipun minuman tradisional ini bernama Bir pletok. Alkisahnya karena di era dulu, masyarakat Betawi sering melihat dan mengetahui kebiasaan orang Belanda meminum Bir.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com