Kulit Berminyak di Saat Haid? Atasi dengan Perawatan Kulit yang Mudah Ini!

Masa-masa datang bulan alias haid atau menstruasi adalah periode waktu yang tidak disukai oleh banyak wanita. Perut yang sakit, emosi yang labil, badan yang rentan sakit, dan tentu saja, kulit yang menjadi mudah berjerawat dan sensitif mengalami masalah lainnya. Hal terakhir inilah alasan kuat kenapa Anda akan memerlukan perawatan kulit yang ekstra dan lebih spesifik.

Hormon di tubuh yang mengalami perubahan adalah biang keladinya. Karena hormon yang meningkat, maka tak mengherankan jika bahkan Anda yang biasanya mempunyai kulit kering sekalipun memproduksi minyak yang berlebih. Akibatnya, kelenjar sebum pun bekerja overtime, yang jika dikombinasikan dengan aktivitas sehari-hari, akan membuat kulit Anda menjadi sangat mudah menimbulkan jerawat. Padahal, saat menstruasi Anda sendiri akan merasa stress, bayangkan jika Anda juga harus mengurus masalah jerawat yang membuat diri tambah tidak percaya diri ini.

Karena itulah, Anda harus melakukan perawatan kulit berikut ini, yang meskipun sederhana, ternyata sangat ampuh dalam menjaga agar kulit tetap sehat dan cantik saat haid:

perawatan kulit berminyak

1. Minum air putih banyak-banyak
Air putih sangatlah dianjurkan untuk menjaga kelembaban kulit, dan juga membantu menjaga cairan di tubuh tetap seimbang ketika haid. Jadi sudah wajar jika Anda meminumnya banyak-banyak di saat menstruasi, bukan? Apalagi di hari-hari awal, Anda harus mengkonsumsinya agar racun-racun di tubuh cepat hilang.

2. Perawatan ringan
Karena di saat haid kulit Anda akan bertambah sensitivitasnya, maka cukup lakukan perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami, dan hindari perawatan yang beresiko menyebabkan kulit terkelupas.

3. Masker dari bahan alami
Menggunakan masker dari bahan yang alami seperti buah-buahan akan sangat membantu membuat kulit jadi lebih fresh dan membuat mood Anda sendiri juga lebih baik.

4. Olahraga dan istirahat secukupnya
Masa menstruasi adalah masa di mana tubuh “di acak-acak” karena hormon dan organ-organ kewanitaan di dalamnya. Jadi untuk membantu Anda mengurangi stress dan kulit yang buruk, Anda perlu melakukan olahraga ringan untuk membantu peredaran darah tetap lancar, dan istirahat yang cukup untuk membantu kulit regenerasi.

Kunci dari perawatan ini adalah konsistensi. Selama Anda melakukannya di luar masa menstruasi juga, maka kulit Anda juga akan semakin tampak indah dan bersih, dan tak terlalu terpengaruh ketika haid datang. Setidaknya, dengan melakukan kebiasaan tersebut, Anda akan bisa meminimalisir efek samping negatif dari haid yang menimbulkan masalah bagi kulit.

Di atas juga dikatakan tentang masker dari bahan-bahan alami yang sangat berguna bagi kulit saat haid. Ini yang bisa Anda gunakan:

1. Apel
Untuk mengurangi produksi minyak di wajah yang berlebih saat menstruasi, gunakanlah apel. Buah ini bisa mengurangi lapisan minyak dengan cara dihaluskan, dicampurkan ke madu, dan didinginkan di lemari es. Diamkan 15 menit, oleskan ke wajah, biarkan setengah jam, lalu bilas.

2. Semangka
Jemur kulit semangka sampai benar-benar kering (2 jam), lalu haluskan. Campurkan mentimun dan lidah buaya yang juga sudah dihaluskan, dan oleskan ke wajah. Tunggu hingga kering, lalu bilas.

3. Mentimun
Cara termudah adalah dengan memakai mentimun. Dinginkan, haluskan, dan oleskan ke wajah. Diamkan 20 menit, bilas, dan rasakan hasilnya.

Cara tersebut adalah perawatan kulit yang cocok dilakukan ketika menstruasi, dan juga bisa Anda lanjutkan untuk seterusnya bahkan ketika datang bulan sudah selesai. Anda akan melihat bahwa kulit Anda akan semakin bersih, bekas jerawat menghilang, dan kulit Anda pun tak akan mengalami masalah yang berarti ketika haid, seperti yang umum terjadi.

close