Perawatan Wajah secara Alami Berdasarkan Jenis Kulit

Perawatan wajah secara alami di sini cenderung menggunakan sejumlah bahan alami seperti buah-buahan sebagai bahan utama  perawatan kulit wajah. Cara perawatan ini dinilai jauh lebih efektif dan yang pasti lebih aman untuk kulit wajah bila dibandingkan dengan penggunaan produk-produk perawatan kulit campuran bahan kimia. Selain itu, perawatan kulit wajah dengan bahan alami juga jauh lebih murah karena Anda hanya memanfaatkan bahan-bahan yang selalu tersedia di rumah Anda. Berikut contoh perawatan wajah secara alami yang disesuaikan dengan jenis kulit.

Kulit kusam

Terdapat beberapa jenis bahan alami yang mampu mengubah kulit wajah Anda yang kusam menjadi cantik berseri. Bahan-bahan alami tersebut adalah buah bengkoang, papaya, dan kentang. Buah bengkoang dapat Anda jadikan masker dengan cara diparut terlebih dahulu untuk kemudian diperas. Air perasan bengkoang Anda biarkan mengendap. Endapan sari bengkoang itulah yang Anda gunakan nantinya sebagai masker bengkoang. Kurang lebih sama dengan buah bengkoang, pilih buah pepaya yang masih mangkal dan haluskan bersama  dengan buah pepaya yang matang. Oleskan pada kulit wajah. Hasilnya wajah akan halus dan tak lagi kusam.

perawatan wajah

Kulit wajah yang gelap

Untuk menjadikan kulit wajah putih bersih, gunakan saja beberapa bahan alami seperti minyak alpukat, paprika, yoghurt, susu, dan chamomile.  Minyak alpukat dapat Anda manfaatkan sebagai pembersih wajah dari sisa riasan/ make up. Cocok sekali untuk Anda yang malas mencuci muka karena terlalu lelah. Sedangkan buah paprika bisa Anda gunakan sebagai bahan alami untuk facial. Tentu Anda perlu menjadikan buah paprika sebagai masker wajah. Cara membuat masker alami dari buah paprika sangatlah mudah. Blender satu buah paprika yang telah dibuang bijinya hingga halus dan menjadi pasta.  Baru kemudian Anda oleskan pasta paprika ke seluruh wajah Anda hingga dan tunggu hingga mengering. Setelah kering, basuh wajah dengan menggunakan air dingin.

Baca juga: Tips Memilih Pemutih Wajah yang Aman


Nah, agar hasil perawatan wajah maksimal, berkonsultasilah dengan dokter kulit Anda secara rutin. Pastikan kulit wajah Anda tidak bermasalah setelah melakukan beberapa treatmen di atas.

close