Pencahayaan dan Sound dalam Home Theater

Penggunaan home theater tidak jarang dijadikan pilihan bagi sebagian orang yang ingin menghadirkan suasana seperti di bioskop ketika menonton film baik sendiri, bersama dengan kekasih, teman ataupun keluarga. Untuk menghadirkan suasana yang maksimal seperti di bioskop, maka harus dilakukan pemilihan yang teliti. Salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah masalah sound atau suara karena jika suara kurang mantap, akan membuat Anda merasa ada yang kurang.

Pastikan jika suara yang dihasilkan merupakan suara homogen atau suara yang memiliki tonal balance seperti LC, RF, C, LS dan RS yang identik. Tekanan suara yang dihasilkan dari keenam speaker tersebut juga harus identik termasuk untuk subwoofer. Untuk speaker center, harus mampu menghasilkan suara vokal yang jelas tanpa adanya noise dan tidak menimbulkan ear fatigue. Sehingga, ketika terdapat percakapan pada film, Anda akan mampu menangkap perkataan yang diucapkan dan tidak menimbulkan kebingungan.

Home Theater

Pilih home theater dengan subwoofer yang tidak boomy atau tidak memiliki suara bas yang terlalu panjang. Suara bas yang terlalu keras akan menimbulkan ketidaknyamanan ketika digunakan. Sebaiknya, pilih yang memiliki bas tight dan berfrekuensi cukup rendah. Selain itu, pastikan jika perangkat tersebut cocok untuk film dan juga untuk musik. Tidak jarang ketika seseorang sedang malas menonton film, perangkat untuk memberikan kesan seperti di bioskop tersebut juga digunakan untuk mendengarkan musik. Pilih yang mampu memberikan suara dengan treble transparan dan tajam.

Setelah Anda memilih perangkat yang mampu memberikan suara seperti di bioskop, Anda dapat mengubah ruangan yang akan Anda gunakan sebagai ‘bioskop’ dengan menggunakan penerangan yang sesuai dengan Anda. Biasanya, agar terlihat seperti di bioskop, maka pencahayaan harus dibuat minim atau redup agar gambar dapat terlihat jelas dan tajam, namun hal tersebut dapat diatur sesuai dengan keinginan dan selera Anda.

Terdapat jenis pencahayaan misalnya dengan sconce dinding untuk serat optik yang digunakan dan dikombinasikan ketika Anda menggunakan home theater. Jenis pencahayaan lainnya yaitu:

- Sconces dinding dapat membantu untuk menambah suasana menonton film seperti di bioskop. Penggunaan lampu lunak tidak membuat mata menjadi tegang ketika menonton film. Selain itu, sconce dinding dapat memberikan pencahayaan dengan latar belakang yang lembut dan memberikan kesan seperti di bioskop pribadi Anda.

- Pencahayaan tersembunyi atau pencahayaan pot. Teknik ini biasanya diletakkan di langit-langit menuju ke dinding yang berasal dari ruangan lainnya. Cara pencahayaan ini dapat membantu untuk mengurangi silau di tempat bioskop Anda.

- LED atau light emitting diode dengan menggunakan VCR. Saat ini jenis lampu LED dapat menggantikan jenis lampu normal karena cukup terang. Anda dapat menggunakan ukuran lampu LED yang kecil dan tidak terlalu memakan daya listrik rumah Anda.

close