Tips Membersihkan Model Kebaya untuk Wisuda Agar Tidak Bau dan Gatal

Tak bisa dipungkiri jika seorang wanita diharuskan untuk datang pada acara yang spektakuler dan spesial seperti wisuda. Maka mereka akan berdandan dan berpenampilan menarik sebagus mungkin. Mereka akan mencari segala hal dari yang tak penting hingga penting. Seperti mencari tata rias rambut, tata rias make up, sepatu, tas, dan kebaya yang digunakan. Apabila semua sudah dapat, Anda harus benar-benar tahu apakah semua itu sudah sesuai dan sudah cocok belum jika dikenakan. Jika semua sudah terasa sempurna, Anda boleh berleha-leha. Terlebih lagi apabila sudah terbayang jelas bahwa penampilan Anda akan menarik dan paling cantik dengan aksesoris-aksesoris dan model kebayanya. Namun sebelum acara wisuda, jauh-jauh hari Anda sudah membersihkan semuanya, termasuk model kebaya untuk wisuda.

kebaya wisuda

Setelah Anda mendapatkan model kebaya untuk wisuda, pastinya baju tersebut adalah baju baru ataupun baju lama yang perlu dirawat dan dibersihkan. Karena jika kebaya tidak dibersihkan secara bersih, maka ketika acara wisuda nanti berlangsung. Badan akan terasa gatal dan gerah tak terduga. Andapun merasa tidak nyaman dan merasa ingin pulang saja. Padahal hari tersebut adalah hari besar yang telah ditunggu sejak lama. Untuk itu disini ada beberapa cara membersihkan kebaya, agar kebaya tidak rusak dan tidak perlu di dry laundry yang memakan biaya. Cara membersihkannya adalah:

- Siapkan ember yang cukup besar. Jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Isi air dengan cukup, dan sekiranya saja. Jika air sudah cukup, masukkan kebaya Anda kedalam air tersebut. Rendamlah kebaya hingga baju tak muncul di permukaan air. Rendam selama 5 menit hingga 10 menit saja. Usahakan untuk mengisi air yang bersuhu normal, karena jika air kran terasa hangat. Bentuk pakaian akan bisa berubah.

- Apabila kebaya sudah direndam, angkatlah kebaya tersebut dan oleskan beberapa detergen pada beberapa bagian. Untuk kasus ini, walaupun dicuci menggunakan tangan. Belilah detergen yang khusus untuk mesin cuci, karena busanya tidak terlalu banyak namun tetap ampuh membersihkan kuman yang ada gosok secara perlahan saja, yang terpenting semua sudah di gosok.

- Setelah itu bilas menggunakan air bersih. Namun sebelumnya Anda bisa merendamnya kembali menggunakan air yang tadi namun hanya sekali rendam kemudian angkat. Setelah itu direndam menggunakan air bersih yang baru. Direndam hingga busa dan detergen hilang, kemudian angkat dan diperas secara perlahan. Jangan terlalu kasar, dan tak perlu hingga air remasan keluar semua. Setelah itu kebaya bisa di jemur.

- Untuk penjemuran, jangan di gantung sembarangan. Gantunglah pada hanger yang aman untuk bahan kain kebaya. Digantungnya cukup diangin-anginkan saja, jangan ditaruh pada tempat yang terpapar sinar matahari. Karena sinar matahari akan merusak serat dan warna kebaya. Untuk itu cukup dianginkan saja, dan tunggu hingga kering.

Apabila model kebaya untuk wisuda selesai dibersihkan, Anda tak perlu merapikan kebayanya menggunakan setrika. Karena kebanyakan kebaya memang tidak untuk di setrika. Seharusnya menggunakan uap setrika, namun apabila tak memiliki. Setelah kebaya diangkat dari jemuran, usahakan untuk melipatnya dengan rapi. Maka dengan itu, kebaya tidak akan kusut. Untuk kasus pada kain kebaya yang berbahan satin atau berbahan kain. Maka Anda bisa merapikannya menggunakan setrika. Namun yang perlu diingat, proses penyetrikaan harus hati-hati. Jangan terlalu panas, cukup sedang dan coba untuk diarahkan pada pakaian secara perlahan-lahan. Dengan begitu kebaya cantik Anda akan terasa rapi dan sedap dipandang.
Rate this posting:
{[["☆","★"]]}

Related Posts

www.sebats.com