Tren Model Baju Batik Pria dengan Motif Mega Mendung

Baju batik dikalangan pria tak kalah hebohnya dengan baju batik untuk wanita. Kini baju batik pria didesain sangat apik sehingga menyerupai indah dan menariknya baju-baju batik wanita. Warna-warna pada baju batik pria dulu tergolong berwarna gelap dengan motif yang klasik dan monoton. Model baju batik pria kini tidak hanya berpatok pada kemeja berkerah dengan lengan panjang dan pendek saja. Saat ini, motif Mega Mendung yang digandrungi oleh pecinta batik, hadir dalam varian baju batik pria yang di kombinasi dengan berbagai warna.

Motif batik Mega Mendung merupakan batik khas Cirebon. Motif ini berisi bentuk sekumpulan awan yang sudah menjadi icon Kota Cirebon. Motif Mega Mendung juga mendapat apresiasi dari seseorang berkebangsaan Belanda yang bernama Pepin Van Roojen dengan membuat sebuah buku yang berjudul 'Batik Design'. Cover pada buku ini menggunakan motif Mega Mendung.

Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam makna motif Mega Mendung antara lain:

- Berdasarkan nilai penampilan yang terdiri dari 2 nilai penting yaitu nilai struktur yang berarti motif ini didesain sedemikian rupa dengan garis melengkung beraturan yang selalu bertemu dan tak terputus. Sedangkan nilai bentuk dilihat dari segi visual yang terlihat dalam paduan motif Mega Mendung yang indah melekat pada sebuah kain sutera maupun katun.

- Berdasarkan nilai isi yang meliputi nilai rasa, nilai intuisi, nilai pengetahuan, nilai pesan, nilai sosial, nilai hidup, nilai religi dan lain sebagainya. Dalam hal ini makna motif Mega Mendung adalah sebuah perjalanan hidup manusia mulai dari mencari jati diri hingga menghadapi berbagai kerikil kehidupan. Hidup manusia yang naik turun namun tetap akan teguh pada pendirian dan keyakinan sampai akhirnya kembali pada sang pemilik hidup. Hidup manusia seperti roda berputar yang selalu begitu.

batik pria mega mendung


- Berdasarkan nilai presentasi, motif ini melambangkan keharmonisan dan kesuburan.

Itulah tadi sedikit pengetahuan tentang motif Mega Mendung. Sehingga bagi Anda yang sedang memilih baju baru untuk model baju batik pria, dapat menambah kemantapan memilih baju batik yang terbaik. Selanjutnya, untuk mendapatkan sebuah tampilan yang menarik, sebaiknya memilih warna dasar batik motif Mega Mendung dengan warna cerah agar terkesan fun dan casual. Anda bebas memilih warna apapun. Dan jangan takut ketika tertarik dengan baju batik berwarna merah muda, peach, salem, hijau, dan ungu. Awalnya mungkin Anda akan merasa warna-warna itu adalah warna yang identik dengan wanita. Namun jangan salah, ketika Anda menggunakan warna-warna tersebut Anda akan tampil lebih gentle, modis, dan elegan.

Harga baju batik motif Mega Mendung ini berkisar antara 50 ribu hingga 300 ribu rupiah. Tergantung pada bahan yang digunakan dan dimana Anda membelinya. Jika menggunakan bahan sutera atau tenun, harganya akan mahal. Untuk acara-acara resmi Anda bisa menggunakan kemeja batik berkerah lengan panjang, vest batik, ataupun jas dengan motif batik. Sedangkan untuk acara seminar atau kerja, Anda dapat menggunakan batik berkerah lengan pendek dengan beragam warna. Untuk acara-acara tertentu, misalnya acara keluarga, Anda bisa menggunakan batik dengan kerah shanghai. Kerah shanghai akan memberikan tampilan supel dan casual namun tetap trendy.

Demikian model baju batik pria dengan motif Mega Mendung, semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari kado maupun untuk koleksi pribadi. Pilihlah dengan cermat baju-baju yang ada dipasaran. Jika Anda membeli baju di pedagang asongan, Anda bisa menawarnya bila memang dirasa harga yang ditawarkan terlalu tinggi. Atau membeli langsung ke toko batik terpercaya.

Dikutif dari: http://www.sebats.com/2016/07/model-baju-batik-wanita-pria-modern.html

close