Tips Memilih Kain Batik yang Sesuai Warna Kulit

Ulasan tentang model baju batik yang ditulis oleh blog wisata sebats.com menginspirasi saya untuk coba menulis tentang kain batik, sedikit beda memang tapi masih sama-sama berupa batik.

Saat ini makin populernya pakaian tradisional untuk digunakan dalam berbagai acara resmi. Acara resmi yang biasanya menggunakan jenis kain ini antara lain resepsi, rapat, bekerja dan masih banyak lainnya. Untuk itu apabila Anda menggunakan jenis pakaian tradisional ini tentu saja harus disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki. Tentu Anda telah mengetahui bahwa jenis pakaian tradisional ini memiliki banyak sekali warna yang tersedia. Apabila Anda tidak pas dalam memilih warnanya tentu saja penampilan menjadi kurang menarik dan elegan. Untuk mengetahui mengenai bagaimana tips memilih kain batik yang sesuai warna kulit yang dimiliki.

Tips memilih batik yang sesuai warna kulit yaitu:


1. Jenis kain

Ada baiknya apabila Anda mengetahui mengenai jenis pakaian tradisional yang ingin dipilih. Apabila Anda ingin memiliki nilai seni yang tinggi maka bisa dipilih dengan jenis tulis. Sedangkan pada jenis ini memang terasa sangat mahal. Namun apabila Anda memilih jenis pakaian yang dicap. Tentu saja memiliki harga yang lebih murah dibandingkan yang ditulis.

kain batik cakep

2. Bahan

Mulailah untuk memilih jenis bahan dengan jenis katun. Dengan demikian akan membuat Anda terasa mudah dalam menyerap keringat. Sehingga akan menghindarkan dari rasa panas yang membuat terkena penyakit kulit dan bau tak sedap pada tubuh Anda. Biasanya apabila jenis bahan yang mahal akan memiliki menggunakan bahan sutera. Untuk itu perhitungkan mengenai bahan yang digunakan.

3. Menggunakan jenis pewarna berkualitas

Dalam memilih jenis kain batik hendaknya menggunakan jenis pewarna yang berkualitas. Dengan menggunakan jenis pakaian tradisional yang berkualitas akan membantu dalam menghindarkan dari kelunturan. Untuk itu hendaknya apabila Anda memilih jenis pakaian yang diinginkan akan lebih maksimal untuk digunakan. Apabila Anda sudah memilih jenis pewarna yang berkualitas akan membantu dalam mendapatkan dalam ketahanan pakaian dalam jangka waktu yang lama.

4. Membalik bahan

Apabila Anda ingin mencuci jenis pakaian tradisional tersebut mulailah dengan membalik bahan yang digunakan. Dengan membalik dari jenis pakaian saat dicuci dan di jemur akan membuat ketahanan pakaian menjadi lebih maksimal. Selain itu apabila Anda menjemur jenis pakaian tradisional mulailah dengan mengangin-anginkan saja. Hindari untuk menjemurnya langsung dibawah sinar matahari. Sehingga warna yang dimiliki tidak akan mudah pudar. Sehingga jaminan kualitas menjadi lebih terjamin dan tahan lama.

5. Mencobanya

Apabila jenis pakaian ini sudah jadi mulailah dengan langsung mencobanya. Dengan mengetahui dengan langsung mencobanya akan membantu dalam mendapatkan kemudahan untuk mengetahui bahwa cocok atau pun tidak. Sehingga Anda akan lebih maksimal saat menggunakannya. Untuk itu mulailah untuk mengenali jenis kulit Anda jika memiliki warna yang cerah akan lebih baik apabila Anda memilih jenis yang cerah. Sedangkan pada kulit Anda yang gelap mulailah menggunakan jenis pakaian yang memiliki warna lebih gelap.

6. Tempat membeli

Apabila Anda ingin membeli kain batik akan lebih maksimal dan terjamin kualitasnya apabila langsung pada pembuatnya. Dengan membeli langsung pada pembuatnya juga akan membuat harga yang diberikan menjadi lebih murah. Tentu saja dapat dilakukan tawar menawar harga. Hal ini berbeda dengan apabila Anda membelinya langsung di toko. Tentu saja memiliki harga yang pas dan kualitas yang telah tersedia. Hal ini karena biasanya toko dilakukan harus dengan membayar toko dan menyewa tenaga. Sehingga tak jarang memiliki harga yang lebih mahal.

close