Kue Nastar Gagal Dibuat? Simak Dulu Tips Berikut Ini!

Kue lebaran menjadi salah satu makanan yang seolah wajib ada di rumah-rumah selama masa Lebaran. Ragam jenis kue Lebaran pun kini telah tersedia dengan variasi yang semakin kreatif dan menarik. Salah satu jenis kue yang hampir selalu ada di rumah-rumah adalah kue nastar. Kue ini dibuat dengan adonan tepung terigu, telur, mentega dan gula dan nantinya diberikan isian berupa nanas dan kemudian dipanggang sehingga menjadikan rasanya lezat nan manis.

Di balik kelezatan kue ini, ternyata nanas dipilih sebagai isian kue adalah lantaran memiliki manfaat yang begitu banyak, yaitu:

  • Menyuburkan rambut - nanas mengandung senyawa cystine yang mampu membantu dalam proses pembentukan untuk kulit dan rambut. selain itu senyawa ini juga bisa menyuburkan rambut serta menunda penuaan rambut sehingga rambut bisa tetap sehat.
  • Meningkatkan sistem kebal tubuh - nanas juga mengandung asam amino yang dapat mengatasi rasa lelah sehingga jika Anda mengkonsumsi nanas dengan rutin, maka tubuh pun akan menjadi bugar dan lebih sehat. Selain itu sistem kekebalan tubuh ini juga akan meningkat.
  • Membantu kesehatan gigi - sering bermasalah dengan kesehatan gigi? Mulailah makan nanas karena nanas memiliki kandungan vitamin C yang mampu mencegah timbulnya plak di gigi yang kerap menjadi alasan nyeri pada gigi.
  • Membantu turunnya berat badan - nanas juga memiliki kandungan enzim proteiolitik dimana bermanfaat untuk penyerapan lemak di pencernaan sehingga akan terbuang bersama fesses. Selain itu adanya vitamin C juga bisa membantu proses pembakaran lemak sehingga tidak menumpuk di tubuh.
  • Menurunkan tekanan darah di tubuh - serat yang ada di buah nanas cocok untuk mencegah lemak yang ada di sistem pencernaan sehingga konsumsi setiap hari bisa menjadikan tekanan darah turun.
kue nastar nanas


Dengan manfaatnya yang begitu beragam, tak heran jika buah nanas dipilih sebagai isian untuk kue nastar. Meskipun cara membuatnya terdengar mudah, namun jika dipraktekkan ternyata banyak sekali yang mengeluh jika nastar yang telah dibuatnya gagal mulai dari kurang matang, hangus dan masih banyak lagi. Jika Anda kerap mengalami kendala yang sama, maka berikut ini beberapa tips untuk menghindari kegagalan saat membuat nastar:

  • Tidak matang sempurna - yang pertama adalah ketika nastar tidak matang. Biasanya salah satu alasannya adalah lantaran ukuran dari kue yang satu dan kue lainnya berbeda sehingga kue yang dipanggang tidak bisa matang secara merata. Untuk itu, usahakan seragamkan ukuran nastar yang dibuat sehingga bisa matang seluruhnya.
  • Bagian bawah kue sering hangus - ini juga merupakan permasalahan umum. Alasannya biasanya adalah karena suhu dari panggangan yang terlalu tinggi. Solusinya adalah dengan memanaskan lebih dulu oven dengan temperatur yang sedang sebelum adonan dimasukkan dan pilih bagian tengah dalam menaruh loyang nya.
  • Nastar retak atau pecah - selain nanas yang basah dan dimasukkan pada adonan kulit nastar kerapkali membuat nastar menjadi retak bahkan pecah setelah dipanggang. untuk itu ada baiknya jika menyiapkan selai nanas yang telah kering sehingga nastar mudah dibentuk dan tidak membuat adonan kulit dari nastar nya basah. Selain itu, temperatur dari oven juga harus tepat yang biasanya pada kisaran 160 sampai 175 derajat agar tidak pecah saat dipanggang.

Itulah beberapa tips singkat terkait pembuatan kue nastar yang menjadi kue wajib dalam momen spesial seperti Lebaran. Selamat mencoba membuat nastar!

close