Alat Bantu Dengar dengan Bermacam Jenisnya yang Bisa Dipilih

Alat bantu dengar adalah solusi untuk mereka yang memiliki gangguan pendengaran. Indera pendengaran adalah salah satu pendukung dari aktivitas sosial, sehingga gangguan pendengaran dapat memiliki dampak yang buruk pada komunikasi, relasi sosial hingga kinerja pribadi. Alat ini memang tidak bisa mengembalikan pendengaran menjadi normal, tetapi alat ini bisa memperkuat penerimaan suara yang tidak jelas serta mengurangi suara latar yang keras. Dengan alat ini, pendengaran Anda bisa menjadi lebih baik.

Alat ini adalah perangkat elektronik yang memungkinkan seseorang yang memiliki gangguan pendengaran bisa mendengar serta berkomunikasi secara lebih baik, alat ini terdiri atas amplifier, microphone hingga speaker. Suara bisa masuk di microphone dan kemudian mengubahnya menjadi sinyal elektrik serta mengirimkan ke amplifier. Selanjutnya amplifier memiliki tugas meningkatkan kekuatan sinyal serta mengirim suara ke telinga menggunakan speaker.

alat bantu dengar


Secara umum ada 2 cara kerja alat ini yakni alat bantu dengar yang bekerja dengan cara analog dan digital.

Apa perbedaan dari alat bantu dengar jenis ini? perbedaannya berada pada sinyal yang dihasilkan, berikut cara kerja alat ini, antara lain:


  • Alat bantu analog. Alat ini mengubah suara menjadi sinyal elektrik yang diperkuat. Alat ini sengaja dibuat berdasarkan pada pesanan yang direkomendasikan dokter Anda,
  • Alat bantu digital. Alat ini akan mengubah suara menjadi kode numerik seperti yang berada pada komputer sehingga bisa diprogram dengan cara khusus untuk memperkuat frekuensi tertentu. Alat ini lebih mudah disesuaikan dengan lingkungan kebutuhan si pengguna. Untuk masalah harga harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis analog.


Alat ini bisa menemani seluruh kegiatan Anda sehari-hari, sehingga dokter Anda akan merekomendasikan sesuai dengan usia, hingga tingkat gangguan pendengaran yang di alami. Oleh sebab itu, kita tidak bisa sembarangan melakukan pemilihan. Sebenarnya ada beberapa jenis alat yang beredar di pasaran.

Berikut beberapa jenis alat bantu dengar, antara lain:



  • Alat dalam telinga. Alat ini untuk gangguan pendengaran yang berada di tingkat ringan sampai berat. seringnya terdapat 2 model, yang satu dipasang di seluruh cuping telinga dan yang satu sebagian saja. Alat ini tidak dianjurkan untuk anak-anak. secara umum alat dalam telinga ini mudah dipasang, menggunakan baterai yang besar sehingga mudah dipegang namun rentan pada penyumbatan kotoran telinga,
  • Alat belakang telinga. Alat ini dikaitkan di bagian atas cuping telinga serta bagian belakang. Ada tabung kecil untuk penghubung penerima suara di dalam liang. Alat ini cocok untuk berbagai macam tingkat gangguan pendengaran semua umur,
  • Speaker di dalam telinga maupun di liang telinga. Jenis ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan belakang telinga, bedanya untuk belakang telinga menggunakan tabung kecil sedangkan speaker dalam telinga ini mempergunakan kabel kecil,
  • Alat sepenuhnya di dalam liang telinga. Alat ini dimasukkan dalam liang telinga, penggunaannya ditujukan untuk gangguan pendengaran tingkat ringan sampai menengah. Alat ini adalah jenis yang memiliki bentuk paling kecil serta tidak terlihat mencolok, selain itu tidak mengandung fitur tambahan.


Seringnya, untuk pemula memerlukan waktu beberapa minggu untuk melakukan adaptasi dengan alat bantu dengar ini. sesudah terbiasa, pengguna bisa mengatur alat sendiri dengan volume yang pas serta nyaman. Jika Anda baru pertama kali menggunakan alat ini, lebih baik Anda mencobanya terlebih dulu di ruangan yang tenang, hal ini disebabkan, suara bisa terdengar berbeda di ruangan yang berbeda seperti di ruangan tertutup dan terbuka atau ruangan kecil dan besar. Itu lah artikel mengenai Alat Bantu Dengar dengan Bermacam Jenisnya yang Bisa Dipilih. Dapatkan alat bantu dengar sesuai dengan keinginan anda di toko online seperti di bukalapak.com. Semoga informasi yang di berikan dapat bermanfaat.

close