Membasmi Lalat Limbah (Moth Drain Flies) di Kamar Mandi

Kamar mandi dan dapur adalah salah satu tempat terpenting yang harus dijaga kebersihannya, dikalangan masyarakat kita ada istilah yang sangat kental soal ini yaitu "jika ingin tahu tingkat kebersihan seseorang maka lihat kamar mandi dan dapurnya". Jadi kamar mandi dan dapur menjadi patokan seseorang bagus tidaknya menjaga kebersihan rumah.

Kamar mandi yang lembab, sirkulasi udara dan sulitnya akses sinar matahari masuk ke kamar mandi bisa jadi faktor kenapa kamar mandi lembab. Terkadang bagi kalangan yang rumahnya ngontrak tidak bisa berbuat apa-apa karena memang sudah dari sananya kamar mandi lembab, jadi kebersihanlah yang bisa dimaksimalkan. Kamar mandi lembab apalagi jarang dibersihkan akan membuat banyak serangga seperti kutu yang berkembang biak, salah satu solusinya adalah dengan memasang silica anti lembab.

lalat limbah di kamar mandi


bersihkan wastafel
Selain kutu, ada binatang yang sering timbul di kamar mandi dan dapur yang bentuknya mirip agas (nyamuk kecil, anak nyamuk) yang kalau dilihat sekilas mirip segitiga. Banyak orang yang bingung dengan binatang ini serta terkadang merasa sulit untuk membasminya. Sebenarnya binatang ini adalah "lalat limbah" atau dalam bahasa inggris disebut "Drain Flies" lalat saluran pembuangan.

Banyak yang penasaran dengan hewan ini karena saat dibasmi dengan menyemprotkan anti serangga (racun serangga) ternyata tidak berapa lama ada banyak lagi. Jadi jika sumbernya tidak dibasmi percuma saja menyempotkan racun serangga tersebut.

Menurut berbagai sumber di internet bahwa lalat limbah ini sebenarnya lalat dari sisa makanan buah-buahan. tempat sampah sementara Anda dipenuhi oleh sisa buah-buahan, termasuk kulitnya. Lalat limbah ini berkembang biak di saluran pipa pembuangan dan biasanya di saluran pipa wastafel Anda dimana terdapat banyak sisa makanan yang ikut masuk kedalam saluran pembuangan air. Jadi sering-seringlah membersihkan saluran ini, keringkan dan bersihkan dengan campuran baking soda, garam dan cuka. Jangan lupa juga vakum dan bersihkan dengan kawat khusus agar bisa membersihkannya sampai dalam.

Namun menurut pengalaman pribadi bahwa semua informasi itu kurang tepat, jika sumbernya dari buah atau sampah yah bisa jadi tapi jika ingin membasmi nya (telur-telur) lalat ini dengan membersihkan saluran pipa saya rasa itu salah besar.

Dan dari hasil pengalaman penulis sendiri bahwa telur lalat kamar mandi ini sebenarnya banyak terdapat di dinding kamar mandi yang lembab, kotor, jarang dibersihkan dan dari kebanyakan kasus munculnya banyak lalat ini biasanya kamar mandi tersebut tidak dilapisi keramik secara keseluruhan atau semen biasa. Binatang lalat tersebut bertelur di dinding kamar mandi serta di plafon kamar mandi (jika plafonnya semen, tapi jika bukan semen cukup aman). Jadi untuk membasmi telur-telur lalat ini adalah membersihkan atau menyikat dinding kamar mandi secara keseluruhan disertai memakai sabun anti septik lebih baik lagi. Lalu lihatlah hasilnya.....jreng...besok, lusa, minggu, bulan gak bakal ada lagi. Tapi biasanya dalam 6 bulan lebih jika tidak dibersihkan lagi maka lalat ini akan muncul kembali.

Semoga bermanfaat!!!