Ini Dia 7 Makanan dan Minuman Penyebab Hipertensi

Semakin bertambahnya usia kemampuan organ tubuh juga kian melambat, mengalami penurunan jika dibandingkan dengan sebelumnya. Diantara jenis penyakit yang paling sering menyerang masyarakat di usia lanjut adalah hipertensi atau yang lebih dikenal sebagai tekanan darah tinggi, mungkin sudah banyak yang tak asing dengan kondisi semacam ini. Tekanan darah tinggi disebabkan karena lemak jahat menumpuk di dalam pembuluh darah, menyebabkan plak dan membuat aliran darah ke seluruh tubuh juga berangsur-angsur melambat, jantung harus bekerja secara ekstra untuk memompanya.

Jangan dianggap remeh, karena pada dasarnya penyakit yang satu ini beresiko sangat tinggi menyebabkan komplikasi dengan beberapa organ tubuh yang lainnya, seperti diantaranya adalah faktor utama penyebab jantung koroner hingga gagal ginjal. Sebenarnya hipertensi ini sendiri bisa terjadi karena pola hidup yang tidak sehat, diantaranya adalah mengkonsumsi menu makanan yang banyak mengandung lemak ataupun makanan asin.

Berikut ini diantara makanan yang ternyata menjadi penyebab hipertensi , jadi harus dibatasi konsumsinya, yaitu:
hipertensi

  1. Garam, memang kurang lengkap rasanya mengkonsumsi masakan jika tak ditambah dengan garam, karena inilah yang membuat cita rasa masakan menjadi lebih nikmat, hanya saja terlalu banyak jumlah garam yang dikonsumsi juga kurang baik, karena bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, garam pada dasarnya akan membentuk sebuah plak atau endapan di pembuluh darah, hal ini yang mempersulit aliran darah ke seluruh tubuh.
  2. Gula, tak jauh berbeda dengan garam, maka gula atau sumber bahan untuk membuat rasa makanan menjadi manis juga tak boleh dikonsumsi secara berlebih. Karena terlalu banyak mengkonsumsi gula bisa meningkatkan resiko terkena diabetes dan juga obesitas, keduanya berdampak kurang baik pada tekanan darah.
  3. Daging merah, sebagian besar diantara masyarakat memang lebih menyukai olahan daging merah dibandingkan dengan ikan, karena rasanya yang nikmat dan kaya akan kandungan protein. Hanya saja kandungan lemak yang ada di dalamnya juga cukup tinggi, apalagi untuk beberapa jenis daging seperti kambing dan domba yang cepat menyebabkan hipertensi.
  4. Kulit ayam, tak hanya diolah dalam bentuk menu lauk secara langsung, bahan yang satu ini juga kerap kali dijadikan sebagai cemilan, kulit ayam ini memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan bagian dagingnya, hal ini disebabkan karena kandungan lemak jahat atau kolesterol yang ada di dalamnya juga lebih tinggi dibandingkan dengan bagian daging.
  5. Menu makanan instan, seperti diantaranya adalah mie instan, bumbu-bumbu siap pakai, selain karena kandungan garam yang ada di dalamnya cukup tinggi, kenyataannya makanan instan ini juga ditambah dengan beberapa jenis bahan yang kurang sehat, seperti diantaranya adalah pengawet, pewarna dan sejenisnya yang dapat memicu tekanan darah tinggi.
  6. Makanan kalengan, seperti diantaranya adalah ikan yang diawetkan, buah-buahan, acar dan sejenisnya, produk makanan semacam ini mengandung sodium yang cukup tinggi, tak hanya itu bahan-bahan tambah berbahaya yang ada di dalamnya juga tergolong begitu banyak, sehingga kurang baik bagi kesehatan. Paling utama adalah bisa memicu tekanan darah naik atau tinggi.
  7. Kopi dan minuman bersoda, keduanya juga memiliki andil yang cukup besar terhadap hipertensi.


Jadi lebih aman mengkonsumsi menu makanan buatan sendiri, karena bisa mengatur kadar gula dan garam yang ada di dalamnya, jaminan lebih sehat dan juga sesuai dengan selera. Imbangi juga dengan olahraga secara teratur untuk terhindar dari hipertensi.