Tips Memilih Rice Cooker Terbaik untuk Menanak Nasi

"Diri kita adalah apa yang kita makan." Istilah tersebut menggambarkan betapa pentingnya memilih makanan yang akan kita konsumsi. Jika terbiasa mengkonsumsi makanan yang sehat, yang banyak mengandung gizi atau nutrisi, maka tubuh pun akan menjadi lebih sehat. Mengkonsumsi makanan yang seimbang akan membuat kulit, rambut, organ tubuh, hingga berat badan kita terjaga. Tidak hanya itu, makanan yang sehat akan membuat kita jauh dari penyakit.

Sebaliknya, makanan yang tidak sehat, yang miskin gizi dan serat akan memberikan kita banyak masalah. Walaupun sebagian besar makanan-makanan tersebut terasa enak dan lezat, namun tetap saja, dampaknya bagi tubuh sangat tidak baik.

Terbiasa mengkonsumsi makanan yang tidak banyak mengandung gizi serta serat mungkin tidak terlalu terlihat dampaknya ketika kita masih berusia muda (dibawah usia 30 tahun). Namun efek terbiasa mengkonsumsi makanan tidak sehat akan mulai kita rasakan ketika memasuki usia 30 tahun ke atas.

rice cooker philips


Beberapa ciri-ciri yang bisa kita lihat jika terbiasa mengkonsumsi makanan tidak sehat di antaranya adalah:

  • Badan mudah gemuk atau berlemak yang menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan
  • Badan mudah drop atau terserang penyakit karena imun tubuh yang lemah
  • Kulit, terutama di sekitar wajah akan mudah memunculkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus maupun kerutan
  • Kulit menjadi kering dan kasar
  • Rambut tidak tumbuh dengan subur serta mudah patah atau rontok
  • Otak cenderung kurang cerdas
  • Serta masih banyak dampak-dampak lainnya yang akan dirasakan oleh seseorang apabila terbiasa mengkonsumsi makanan yang kurang gizi atau tidak sehat

Sebagai makanan pokok yang kita konsumsi setiap hari dan yang paling banyak jumlahnya di dalam piring kita, nasi seharusnya lebih diperhatikan. Sebagian besar masyarakat Indonesia masih belum menyadari bahwa nasi seharusnya tidak hanya menjadi sumber energi dan hanya sekedar untuk mengencangkan perut belaka, melainkan, seharusnya bisa juga menjadi sumber nutrisi dan serat.

Selain itu, nasi yang kita konsumsi juga seharusnya bebas dari berbagai macam zat berbahaya yang mungkin saja bisa masuk ke dalam tubuh melalui proses menanak nasi. Seperti misalnya, serpihan-serpihan anti lengket yang terdapat di rice cooker yang kita gunakan untuk memasak, yang berpotensi menyebabkan kanker di kemudian hari.

Itulah sebabnya mengapa memilih rice cooker tidak boleh sembarangan. Kita harus memilih alat penanak nasi ini yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas, yang aman, dan tidak berpotensi menyebabkan berbagai macam penyakit seperti kanker.

Ada banyak merek rice cooker terkenal di luar sana yang cukup bagus dan berkualitas. Salah satunya adalah Philips. Harga rice cooker Philips memang sedikit agak mahal jika dibandingkan dengan rice cooker lainnya. Namun, selain kualitas dan kehandalannya, rice cooker dari Philips juga terkenal sebagai alat menanak nasi yang sehat karena dibuat dari bahan-bahan berkualitas yang aman untuk tubuh.

Tidak mengherankan apabila harga rice cooker Philips sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan penanak nasi elektrik dari produsen lainnya.

Ngomong-ngomong soal rice cooker yang bagus. Bagi kamu yang ingin mengganti rice cooker lama dengan yang baru, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini agar mendapatkan yang terbaik dan sehat.

  • Semakin terkenal dan populer sebuah merek, biasanya semakin banyak tangan-tangan jahil yang berusaha untuk memalsukannya demi mendapatkan sejumlah keuntungan. Tidak terkecuali rice cooker Philips. Agar tidak tertipu karena membeli rice cooker Philips palsu, pastikan kamu tahu ciri-cirinya yang asli. Salah satu cara mengetahui yang asli adalah dengan melihat banderolnya, harga rice cooker Philips ori tidak pasti semurah yang KW
  • Pilihlah penanak nasi elektrik yang tutupnya mudah dibongkar-pasang agar lebih gampang membersihkannya
  • Jika memungkinkan, belilah rice cooker yang mangkuknya terbuat dari stainless steel, bukan yang anti lengket. Karena rice cooker anti lengket biasanya tidak bertahan lama dan mudah terkelupas. Apabila sudah terkelupas, anti lengket tersebut berpotensi masuk ke dalam tubuh bersama nasi yang kita konsumsi. Bahayanya, anti lengket tersebut bisa saja berpotensi membuat kita mengalami kanker di kemudian hari
  • Pilih rice cooker yang memiliki fitur lengkap. Semakin lengkap fiturnya, maka akan semakin banyak fungsi dan kegunaannya
  • Pilihlah merek merek terpercaya yang terbukti berkualitas seperti Phillips agar mendapatkan produk yang awet dan tahan lama