Hindari 5 Kebiasaan Ini Karena Dapat Memperparah Penyakit Ambeien Anda

Penyakit ambeien atau sering disebut juga sebagai wasir adalah kondisi dimana pembuluh darah yang berada di sekitar bagian anus atau rektum mengalami pembengkakan dan meradang. Ada dua jenis penyakit ambeien yang paling sering terjadi yaitu ambeien luar atau penyakit tersebut terjadi tepat di bagian luar pembukaan dubur. Dan jenis ambeien dalam yaitu pembengkakan maupun peradangan pembuluh darah terdapat di bagian dalam rektum. Umumnya penyakit wasir atau ambeien tidak akan menimbulkan rasa sakit sehingga kurang mendapat perhatian khusus dari para penderitanya.

Ada banyak sekali penyebab atau faktor yang dapat memicu terjadinya ambeien seperti duduk maupun berdiri dengan jangka waktu lama, masa kehamilan, sembelit dan orang dengan berat badan di atas normal atau obesitas. Tanda umum atau gejala yang muncul pada fase awal ambeien juga sangat bervariasi karena terkadang beberapa kasus sangat minim gejala, oleh karena itu, penyakit jenis ini termasuk salah satu gangguan kesehatan yang sulit di deteksi. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan kita bahas apa saja gejala umum yang dapat di tandai sebagai awal terjadinya penyakit wasir, antara lain:

ilustrasi ambeien
Sumber Gambar: Google https://g.co/kgs/jtKcWL

  • Rasa sakit, nyeri seperti berdenyut-denyut pada area sekitar anus yang dapat Anda rasakan pada saat beraktivitas dan terutama pada saat buang air besar.
  • Rasa panas yang muncul di sekitar anus terutama setelah Anda melakukan buang air besar.
  • Adanya pendarahan pada saat buang air besar yang terkadang disertai rasa sakit.
  • Merasa tidak nyaman pada bagian anus saat harus berdiri lama dan terkadang sulit buang air besar.
  • Area dubur yang membengkak dan muncul seperti benjolan kecil pada mulut anus juga dapat menjadi salah satu tanda awal terjadinya ambeien.
  • Sakit yang timbul pada dubur sehingga membuat para penderitanya memiliki pola buang air besar yang tidak teratur.


Jika Anda atau salah satu anggota keluarga memiliki keluhan seperti gejala di atas, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan sedini mungkin. Hal ini sangat penting karena jika tidak segera di obati, penyakit ambeien akan semakin parah dan dapat mengganggu aktifitas harian Anda sehingga para penderita ambeien umumnya akan memiliki kualitas hidup yang kurang bagus. Selain itu, sebaiknya Anda juga menghindari 5 kebiasaan seperti di bawah ini agar penyakit ambeien tidak semakin parah, yaitu:


  1. Hindari semua jenis makanan yang memiliki kandungan serat rendah seperti produk olahan susu, daging olahan dan roti putih.
  2. Jangan pernah menunda jika muncul keinginan buang air besar.
  3. Anda juga dapat mengangkat kaki sedikit jika menggunakan jenis toilet duduk atau memijakan pada bangku kecil untuk mengubah posisi rektum sehingga mempermudah tinja keluar.
  4. Pantangan para penderita wasir selanjutnya adalah jangan mengejan karena dapat memberikan tekanan sehingga membuat kondisi rektum semakin buruk.
  5. Usahakan untuk tidak terlalu lama berada di toilet karena dapat memperbesar tekanan darah dan membuat ambeien semakin parah.


Karena penyakit ambeien atau wasir akan sangat mengganggu para penderitanya, oleh karena itu usahakan untuk selalu menjauhi semua pantangan di atas agar selain wasir Anda tidak bertambah parah, kualitas hidup juga dapat terkontrol dengan baik. Anda juga perlu melakukan terapi pengobatan dengan resep yang telah diberikan oleh dokter supaya penyakit ambeien dapat sembuh total dan tidak akan kambuh lagi.

Sumber: Klikdokter